Israel Bakal Borong Senjata Canggih dari AS, Nilainya Rp 126 Triliun

Kompas.com - 08/02/2021, 11:03 WIB
Deretan jet tempur F-35A buatan AS yang terparkir di pangkalan udara Hill Air, Utah. AFP / GEORGE FREY / GETTY IMAGES NORTH AMERICADeretan jet tempur F-35A buatan AS yang terparkir di pangkalan udara Hill Air, Utah.

TEL AVIV, KOMPAS.com – Israel sepakat untuk memborong senjata canggih dari Amerika Serikat (AS) senilai miliaran dollar AS.

Senjata-senjata tersebut mencakup jet tempur dan peralatan militer lainnya untuk memperkuat angkatan udaranya.

Televisi milik Israel, KAN TV, melaporkan bahwa keputusan tersebut dibuat dalam rapat kabinet yang berlangsung selama tujuh jam.

Baca juga: Anda Bukan Orang Israel, Anda Orang Arab, Sebuah Keluarga Arab-Israel Diusir Saat Piknik di Tepi Barat

KAN TV melaporkan, rapat tersebut berakhir pada Minggu (7/2/2021) malam waktu setempat.

Dilansir dari Anadolu Agency, Senin (8/2/2021), rapat kabinet tersebut dihadiri oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz.

Anadolu Agency melaporkan, dana yang akan digelontorkan untuk memborong senjata-senjata dari AS tersebut nilainya mencapai 9 miliar dollar AS atau setara Rp 126 triliun.

Baca juga: Meski Vaksinasi Covid-19 di Israel Tunjukkan Keberhasilan, Lockdown Nasional Masih Bergulir

Senjata-senjata yang bakal dibeli dari rencana tersebut mencakup helikopter Chinook, jet tempur F-35, jet tempur F-16, bom, pesawat pengisian bahan bakar udara.

Di sisi lain, Kementerian Keuangan Israel justru menentang kesepakatan itu.

Pasalnya, kementerian itu mengatakan Israel perlu mengambil pinjaman dari bank-bank di AS untuk membiayai rencana tersebut.

Baca juga: Sepanjang Januari, 456 Warga Palestina Ditangkap Pasukan Israel

Dan itu berarti bakal memicu pengurangan dukungan tahunan dari Washington, menurut KAN TV.

Sementara itu, AS mengumumkan pada 2018 bahwa mereka akan memberikan bantuan militer senilai 38 miliar dollar AS (Rp 532 triliun) kepada Israel dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

AS merupakan pendukung militer terbesar bagi Israel.

Baca juga: Kejahatan Perang di Palestina Berpeluang Diselidiki, Israel Tolak Keras


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X