Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Ini Ubah Rumah Sewa Airbnb Jadi Rumah Sakit Darurat Anjing Laut di Inggris

Kompas.com - 06/02/2021, 18:44 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber BBC

CORNWALL, KOMPAS.com - Pemilik rumah sewa via Airbnb di Perranporth, Cornwall, Inggris mengubah hunian mereka itu menjadi 'rumah sakit darurat' bagi beberapa anjing laut yang sakit.

Melansir BBC, Sabtu (6/2/2021) Lizzi Larbalestier dan suaminya, Julian sejak September tahun lalu telah menampung sekitar 100 ekor anjing laut di rumah mereka.

Berdua, mereka menghabiskan waktu luang menyelamatkan anak-anak anjing laut yang terdampar di sekitar pantai untuk amal British Divers Marine Life Rescue (BDMLR).

Baca juga: Saat Lockdown Nasional, Sekitar 2.000 Anak Anjing Laut Lahir di Norfolk, Inggris

Dua ekor anjing laut bisa tinggal di ruangan studio Airbnb mereka dan dalam 1 garasi memungkinkan sebanyak 4 ekor sekaligus.

Anjing laut biasanya diselamatkan BDMLR di 4 unit rumah sakitnya di Cornwall tengah sebelum dibawa ke Cornish Seal Sanctuary di Gweek atau Pusat West Hatch RSPCA di Taunton.

Akan tetapi, fasilitas BDMLR seringkali mencapai kapasitas. Oleh karenanya, berhubung hunian Airbnb mereka 'macet' di tengah pandemi Covid-19, mereka 'membangun rumah sakit impian' baru bagi anjing-anjing laut yang sakit.

Baca juga: Diduga Kelaparan, Ribuan Anjing Laut di Namibia Mati Misterius

Menurut Larbalestier yang menjadi duta besar Blue Mind Inggris karena memperjuangkan laut dan kehidupan laut, mengurus anjing-anjing laut adalah sesuatu yang sangat menyentuh hati.

"Mereka adalah makhluk-makhluk yang hebat dan kita akan mempelajari sesuatu setiap berinteraksi dengan seekor anak anjing laut... Saya melakukan semua ini karena kecintaan saya pada laut, kecintaan saya untuk menjaga planet."

Larbalestier mengatakan bahwa anjing-anjing laut abu-abu adalah penting bagi warisan Cornwall dan dia merasa perlu untuk berbuat sesuatu walau sedikit untuk melindungi mereka.

Baca juga: Anjing Laut Dijuluki The Ugly Duckling Ditemukan di Rusia

Menurut laporan ko-ordinator BDMLR area Cornwall dan Scilly, Dan Jarvis, jumlah anjing laut yang diselamatkan di wilayah itu telah meningkat 2 kali lipat dalam 2 tahun dari 54 pada Musim Dingin 2018-2019 menjadi 107 sejauh ini pada musim Dingin 2020-2021.

Dia mengatakan peningkatan tersebut diperkirakan karena kombinasi cuaca badai, polusi laut sehingga banyak menggangu anjing laut.

Tak sedikit laporan anjing laut yang terluka karena perluasan wilayah pariwisata serta meningkatnya popularitas olahraga air rekreasi.

Baca juga: Anjing Laut dan Singa Laut, Serupa Tapi Tak Sama

Badan amal tersebut meluncurkan kampanye penggalangan dana pada Jumat untuk mendorong rumah sakit baru yang dibangun khusus untuk tahun 2021.

Jarvis berkata "Harganya sekitar 80.000 pound Inggris, proyek terbesar yang telah kami lakukan."

Baca juga: Jutaan Ton Alat Tangkap Ikan Ancam Kehidupan Paus dan Anjing Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com