Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Bencana antara Italia dan Negara ASEAN

Kompas.com - 04/02/2021, 20:21 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Pemerintah Italia menyelenggarakan pelatihan Online Training Course on Civil Protection, dengan peserta khusus dari negara anggota ASEAN, dan ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance and Emergency Responses (AHA) Center.

Pelatihan ini diadakan alam rangka memperkuat kerja sama penanggulangan bencana alam antara Italia dan negara-negara ASEAN,

Pembukaan kursus dilakukan secara virtual (daring) pada Rabu (3/2/2021), yang dihadiri oleh pejabat Kementerian Luar Negeri Italia, Civil Protection Department, Duta Besar (Dubes) negara anggota ASEAN (ASEAN Committee in Rome / ACR), Dubes Italia di negara Asia Tenggara, AHA Center, CIMA Foundation dan beberapa lembaga riset Italia, perserta kursus, serta lainnya.

Baca juga: Melalui CIALO 2021, KBRI Roma Perkuat Kerja Sama Pelajar Indonesia-Italia

Pidato pembukaan disampaikan oleh Direktur Jenderal Urusan Global Kemlu Italia, Luca Sabbatucci, yang menjelaskan latar belakang dan tujuan program kegiatan dalam kerangka kerja sama ASEAN-Italia.

Sementara itu Dubes RI Roma, Esti Andayani, selaku Ketua ACR dalam pidatonya menekankan pentingnya peningkatan kerja sama penanggulangan bencana.

"Kita, Italia dan negara ASEAN, terletak di wilayah rawan bencana alam. Negara anggota ASEAN menyadari pentingnya upaya penanggulangan bencana alam ini baik pada level nasional maupun regional melalui ASEAN," ujar Dubes Esti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Dubes Esti selanjutnya menjelaskan beberapa capaian penting ASEAN di bidang penanganan bencana alam, seperti persetujuan ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Responses (AADMER) tahun 2005, pendirian AHA Center di Jakarta pada 2011, Deklarasi One ASEAN One Response, ASEAN Vision 2025 on Disaster Management, dan AADMER Work Programme 2021-2025.

Menutup sambutannya Dubes Esti menjelaskan, "Kursus online kali ini tentunya menunjukkan pentingnya kerja sama, saling membagi pengalaman, pengetahuan dan keahlian di bidang penanggulangan bencana alam, serta membuktikan bahwa kemitraan ASEAN-Italia bermanfaat bagi kita semua."

Baca juga: Mafia Italia Minta Ambulans Berhenti Pakai Sirene, Ini Alasannya

"Kami, ACR, tentunya akan terus mendukung penguatan kerja sama tersebut," lanjut Dubes Esti.

Dalam sesi diskusi, Dubes RI Roma juga menjelaskan upaya penanggulangan bencana alam di Indonesia.

Di antaranya termasuk peran, tugas dan fungsi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta koordinasi yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam upaya penanggulangan bencana alam.

Online Training Course on Civil Protection yang diselenggarakan Pemerintah Italia ini terdiri dari dua kursus, yaitu pelatihan Sistem Peringatan Dini dan pelatihan Manajemen Resiko Bencana, dan Peningkatan Kesadaran Publik terkait bencana.

Tercatat 24 peserta kursus dari negara anggota ASEAN serta AHA Center. Dalam program ini BNPB Indonesia mengirimkan 3 orang peserta dalam dua kursus dimaksud.

Baca juga: Di Balik Negosiasi Striker Persib Castillion ke Klub Italia Como 1907

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com