Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rasakan “Perubahan” Pasca-kudeta, Warga Myanmar Suarakan Kekhawatiran di Medsos

Kompas.com - 02/02/2021, 16:54 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Berita soal kudeta militer yang dilakukan dini hari baru disadari masyarakat Myanmar setelah mereka terbangun pada Senin (1/2/2021) pagi.

Tak sedikit warga baru mulai menyadari pihak militer sudah menguasai negara itu saat mereka bersiap memulai harinya.

"Saya kira saya akan langsung men-tweet kudeta sekarang," tulis mantan jurnalis Reuters Aye Min Thant di Twitter sesaat sebelum pukul 07.00 waktu setempat.

"Keadaan masih cukup sepi untuk saat ini, meskipun orang bangun dan ketakutan. Saya telah menerima panggilan sejak pukul 6 pagi dari teman dan kerabat. Internet masuk dan keluar dan kartu sim saya tidak lagi berfungsi."

Pengambilalihan itu diumumkan dalam pernyataan yang disiarkan di stasiun televisi milik militer. Komandan militer tertinggi Myanmar disebut sudah mengambil alih pemerintahan dan keadaan darurat satu tahun telah diumumkan.

Sementara Pemimpin sipil negara itu, Aung San Suu Kyi, telah ditahan, bersama dengan anggota partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) miliknya.

Langkah itu terjadi setelah kemenangan telak partai Suu Kyi dalam pemilihan November lalu. Tapi pihak militer mengklaim pemilu dirusak oleh banyak penyimpangan.

Suu Kyi pun mendesak para pendukungnya untuk "memprotes kudeta".

Baca juga: Kudeta Myanmar Hari Kedua: Tentara Duduki Yangon, AS Ancam Sanksi

Myanmar, juga dikenal sebagai Burma, diperintah oleh angkatan bersenjata hingga 2011. Kondisinya berubah ketika reformasi demokrasi yang dipimpin oleh Suu Kyi mengakhiri kekuasaan militer.

Seorang penduduk kota utama Myanmar, Yangon, mengatakan kepada BBC bahwa dia mengatahui kondisi kudeta saat bersiap untuk jalan-jalan pagi. Dia menerima pesan dari seorang teman yang memberitahunya tentang penahanan Suu Kyi.

Pria berusia 25 tahun ini pun langsung memeriksa media sosialnya. Dia meminta namanya tidak disebutkan karena takut akan "pembalasan".

"Bangun untuk mengetahui bahwa dunia Anda telah benar-benar terbalik dalam semalam bukanlah perasaan baru, tetapi perasaan yang saya pikir telah kita tinggalkan, dan perasaan yang tidak pernah terpikir oleh kita akan dipaksa untuk kita rasakan lagi," dia berkata, merefleksikan masa kecilnya di bawah pemerintahan militer.

"Yang benar-benar mengejutkan saya adalah melihat bagaimana menteri daerah kita semua ditahan. Karena ini artinya mereka benar-benar mengambil semua orang, bukan hanya Aung San Suu Kyi," tambahnya.

Penangkapan anggota parlemen daerah Pa Pa Han disiarkan langsung di Facebook oleh suaminya.

Aktivis politik, termasuk pembuat film Min Htin Ko Ko Gyi, juga dilaporkan telah ditahan.

Baca juga: Aung San Suu Kyi Dikabarkan Jadi Tahanan Rumah dalam Kudeta Myanmar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com