[KABAR DUNIA SEPEKAN] Tim WHO Mulai Selidiki Asal-usul Covid-19 | Kekhawatiran Kudeta Militer Myanmar

Kompas.com - 01/02/2021, 05:21 WIB
Barikade di pasar seafood Huanan ditutup setelah tim Badan Kesehatan Dunia (WHO) masuk, pada Minggu (31/1/2021). AFP PHOTO/HECTOR RETAMALBarikade di pasar seafood Huanan ditutup setelah tim Badan Kesehatan Dunia (WHO) masuk, pada Minggu (31/1/2021).

KOMPAS.com - Pekan terakhir Januari diwarnai oleh berbagai berita internasional mulai dari ketegangan di Laut China Selatan hingga dimulainya penyelidikan tim WHO di Wuhan.

Selain itu, ada kabar mengenai kekhawatiran akan terjadinya kudeta lagi di Myanmar setelah militer menyebut ada kecurangan pada pemilu 2020.

Di belahan dunia lain, di India, para petani masih berkukuh menggelar aksi protes menentang undang-undang (UU) pertanian baru.

Berikut kami rangkumkan kabar dunia sepekan dari Kompas.com edisi Senin (25/1/2021) hingga Minggu (31/1/2021).

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Pelantikan Joe Biden | Misteri Kematian Christine Dacera

1. AS Kirim Kapal Induknya ke Laut China Selatan, Ini Tanggapan Beijing

Kementerian Luar Negeri China mengecam Amerika Serikat (AS) setelah kapal induk AS dikerahkan ke Laut China Selatan.

China menyebut AS terlalu sering mengirim kapal dan pesawatnya ke Laut China Selatan. Dan itu, menurut Beijing, tidak bagus untuk perdamaian.

"Amerika Serikat sering mengirim pesawat dan kapal ke Laut China Selatan untuk melenturkan ototnya," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian.

Penasaran dengan kelanjutan beritanya? Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: AS Kirim Kapal Induknya ke Laut China Selatan, Ini Tanggapan Beijing

2. 13 Fakta Unik Angela Merkel, Kanselir Jerman yang Akan Lengser

Kanselir Jerman Angela Merkel akan mundur pada September mendatang, mengakhiri 16 tahun kekuasaannya di "Negeri Bir".

Sebelum benar-benar lengser, Persatuan Demokrat Kristen Jerman (CDU) memilih ketua baru pada untuk menyatukan partai konservatif mereka.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X