Akankah Arab Saudi Jadi Medan Pertempuran Drone Berikutnya?

Kompas.com - 30/01/2021, 22:27 WIB
Drone diterbangkan pada parade militer di Arab Saudi. AP PHOTO via DW INDONESIADrone diterbangkan pada parade militer di Arab Saudi.

RIYADH, KOMPAS.com - Dalam sepekan belakangan, dua proyektil misterius berhasil diblokir oleh sistem pertahanan udara Arab Saudi saat terbang di atas ibu kota Riyadh.

Saluran media milik negara mengatakan sebuah proyektil telah dicegat dan pada Selasa (26/1/2020), namun ledakan terdengar lagi di kota itu sekitar tengah hari.

Di masa lalu, serangan pesawat nirawak (drone) di dekat atau ke negara Teluk telah dikaitkan dengan organisasi Houthi, yang berperang melawan Arab Saudi di Yaman.

Baca juga: Italia Cabut Permanen Pejualan Senjata ke Arab Saudi dan UEA

Tapi kali ini berbeda. Houthi membantah bertanggung jawab. 

Setelah serangan udara tersebut, sebuah kelompok yang berbasis di Irak bernama Alwiya Alwaad Alhaq mengeluarkan pernyataan di saluran media sosial yang menyampaikan berita dari kelompok paramiliter Irak yang dikenal sebagai PMF.

Pesan berbahasa Inggris itu mengatakan grup yang baru dibentuk ini secara terbuka menjadikan Arab Saudi sebagai target pesawat bunuh diri tanpa awak.

Asi tersebut merupakan balas dendam atas bom bunuh diri baru-baru ini di pasar Baghdad, Irak, yang menewaskan lebih dari 30 orang.

Baca juga: Pria di Arab Saudi Pinjam Uang Istri Rp 450 Juta untuk Menikah Lagi

"Taman bermain baru" untuk drone dan serangan rudal

Dalam pesannya, kelompok ini menuduh bahwa Arab Saudi, mensponsori kelompok ekstremis  ISIS yang mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan pada tanggal 21 Januari di Baghdad.

Sebagian besar kelompok PMF di Irak adalah muslim Syiah, dan beberapa bersekutu erat dengan Iran yang mayoritas berhaluan Syiah.

"Arab Saudi adalah lapangan bermain baru untuk serangan drone dan rudal," lanjut pesan itu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X