Etiopia Masuk 5 Besar Negara Eksportir Bunga Potong Terbesar di Dunia

Kompas.com - 28/01/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi mawar berduri. SHUTTERSTOCKIlustrasi mawar berduri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Etiopia mayoritas digerakkan oleh sektor agrikultur, salah satunya perkebunan bunga yang tumbuh pesat.

Dalam konferensi virtual yang diadakan oleh Kedutaan Besar Etopia di Indonesia pada Selasa (26/1/2021), disebutkan bahwa agrikultur menyumbang 45 persen Produk Domestik Bruto (PDB), dan mempekerjakan sekitar 83 persen populasi.

Dari perkembangan agrikultur itu, Etiopia kemudian melirik pangsa pasar perkebunan bunga potong sekitar 14 tahun yang lalu.

Baca juga: 4 Jenis Vas Bunga yang Menjadi Tren di Tahun 2021

Pertimbangannya adalah iklim yang mendukung, banyak lahan tersedia, dan dukungan dana insentif dari pemerintah.

Sekarang negara di benua Afrika itu memiliki 72 kebun bunga yang masih aktif.

Duta Besar Etiopia untuk Indonesia Admasu Tsegaye menerangkan, negaranya adalah eksportir bunga terbesar kedua di Afrika dan keempat dari luar Uni Eropa untuk dikirim ke Benua Biru.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Tanaman Bunga Melati di dalam Ruangan

Kemudian paparan dari Tewodros Zewdie selaku direktur eksekutif dari asosiasi eksportir produk holtikultura Etiopia (EHPEA) menyebutkan, Etiopia masuk lima besar negara eksportir bunga di dunia bersama Belanda, Kolombia, Ekuador, dan Kenya.

"Negara tujuan ekspor kami lebih dari 60, negara-negara Uni Eropa terutama Belanda dan Jerman, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan lain-lain," terang Tewodros.

Majunya industri perkebunan bunga Etiopia sanggup menyumbang 80 persen pendapatan di sektor agrikultur sampai sekarang, atau total sekitar 212,56 miliar dollar AS (Rp 3 triliun), menurut data Dubes Admasu.

Bunga yang paling laris di pasaran adalah mawar, disusul jenis gypsophilia, hypericum, limonium, krisan, anyelir, dan tanaman pot.

Baca juga: 7 Tanaman Bunga yang Tahan Panas, Cocok di Halaman Rumah


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X