Jadi Menlu AS yang Baru, Ini Janji Antony Blinken

Kompas.com - 28/01/2021, 05:50 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. AP PHOTO/CAROLYN KASTERMenteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Antony Blinken memulai hari pertamanya sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ( AS) pada Rabu (27/1/2021).

Dia berjanji untuk memperbaiki hubungan AS dengan mitra global dan menunjukkan kepada dunia bahwa AS dapat memimpin sambil menangani perubahan iklim, erosi demokrasi, dan masalah kompleks lainnya.

Ketika memasuki Gedung Kementerian Luar Negeri AS, Blinken disambut dengan tepuk tangan meriah oleh karyawan di sana.

Dilansir dari Reuters, Blinken sempat menjadi Wakil Menteri Luar Negeri AS di bawah pemerintahan mantan Presiden AS Barack Obama.

Baca juga: Sah, Antony Blinken Jadi Menteri Luar Negeri AS

“Dunia sedang mengawasi kita sekarang. Mereka ingin tahu apakah kita bisa menyembuhkan bangsa kita,” ujar Blinken.

“Mereka ingin melihat apakah kita akan memimpin dengan kekuatan kita. Dan apakah kita akan menghargai diplomasi dengan sekutu dan mitra kita untuk memenuhi tantangan besar di zaman kita,” imbuh Blinken.

Dia menyebut tantangan yang kini ada di depan mata seperti pandemi virus corona, perubahan iklim, ekonomi global, ancaman terhadap demokrasi, dan perjuangan keadilan rasial.

Selain itu, dia juga menyebut bahaya terhadap keamanan dan stabilitas global yang ditimbulkan oleh saingan dan musuh.

Baca juga: Menlu AS: China Lakukan Genosida terhadap Etnik Uighur di Xinjiang

Dia tidak menjawab pertanyaan reporter yang menanyakan di belahan dunia mana yang menjadi prioritas tertingginya.

Sebelum Joe Biden menjabat sebagai Presiden AS, mantan Presiden AS Donald Trump mengusung kebijakan yang populer dengan sebutan “America First”.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X