Kompas.com - 27/01/2021, 21:47 WIB

AIZANOI, KOMPAS.com – Sebanyak 651 keping koin era Romawi kuno telah ditemukan di sebuah kota kuno Aizanoi di Provinsi Kutahya, Turki barat.

Temuan tersebut diumumkan oleh para peneliti pada Rabu (27/1/2021) sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency.

Arkeolog senior yang mengawasi penggalian di kota kuno Aizanoi, Elif Ozer, mengatakan kepada Anadolu agency bahwa temuan tersebut sangat istimewa.

Baca juga: Mesir Temukan Kuil Ratu Neit dan Kertas Berisi Mantra dari Dunia Bawah

“651 koin perak ini, dari era Kaisar Augustus, merupakan koleksi yang sangat istimewa dan unik,” ujar Ozer.

Ozer, yang merupakan profesor Universitas Pamukkale, menambahkan bahwa koin-koin itu ditemukan di dalam sebuah kendi kuno.

Sekelompok ilmuwan Turki sebelumnya telah mengambil alih penggelaian di Aizanoi pada 2011. Aizanoi kerap kali dibandingkan dengan kota kuno Efesus yang terkenal.

Baca juga: Mesir Temukan Peti Mati Kuno Lagi, Diklaim Temuan Terbesar 2021

Kota Efesus, yang terletak di Provinsi Izmir, adalah salah satu dari dua belas kota anggota Liga Ionia pada masa Yunani Klasik.

Aizanoi juga terdapat kuil yang masih terpelihara terbaik dari dewa Yunani Zeus di Anatolia. Pada 2012, kuil tersebut ditambahkan ke daftar Warisan Dunia sementara UNESCO.

Ozer menambahkan, dari seluruh temuan koin-koin tersebut, 439 adalah koin standar dinar perak Romawi dan 212 adalah koin cistophor dari kota Pergamom Yunani kuno.

Baca juga: Arkeolog Temukan Rangka Bayi dan Anjing yang Hidup 2.000 Tahun Lalu di Perancis

Ozer juga mengatakan timnya sedang mempersiapkan untuk mempromosikan temuan tersebut melalui penerbitan artikel jurnal dan buku dalam bahasa Turki dan Inggris.

Koleksinya sekarang dipamerkan di Museum of Anatolian Civilizations di Ibu Kota Turki, Ankara.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Kuil Pemujaan Dewi Yunani Kuno di Turki, Usianya 2.500 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.