AS-Rusia Sepakat Perpanjang Kesepakatan Pembatasan Senjata Nuklir

Kompas.com - 27/01/2021, 14:00 WIB
Sebelumnya Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin pernah bertemu ketika Biden menjadi wakil presiden dan mengunjungi Moskwa. AFP PHOTO/JIM WATSONSebelumnya Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin pernah bertemu ketika Biden menjadi wakil presiden dan mengunjungi Moskwa.

MOSKWA, KOMPAS.com – Amerika Serikat ( AS) dan Rusia akhirnya sepakat memperpanjang kesepakatan pembatasan kepemilikan senjata nuklir.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kantor Kepresidenan Rusia alias Kremlin pada Selasa (26/1/2021) sebagaimana dilansir dari Nikkei Asia Review.

Perpanjangan kesepakatan bernama New Strategic Arms Reduction Treaty (START) tersebut memberikan kepastian terbaru mengenai pembatasan kepemilikan senjata nuklir antara Washington dan Moskwa.

Di sisi lain, Gedung Putih tidak segera mengonfirmasi pengumuman perpanjangan New START tersebut.

Baca juga: Biden Rencana Beli 200 Juta Vaksin Covid-19 Lebih Banyak

Namun, Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah membahas masalah tersebut melalui sambungan telepon.

Gedung Putih menambahkan, kedua kepala negara itu setuju utnuk mengirim tim dan bekerja untuk menyelesaikan perpanjangan New START sebelum berakhir pada 5 Februari mendatang.

Ditandatangani pada 2010, New START membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dimiliki ole AS dan Rusia masing-masing menjadi 1.550 buah.

Perjanjian tersebut juga membatasi jumlah rudal, pesawat pengebom, dan kapal selam yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

Baca juga: Konfrontasi Putin Lewat Telepon, Ini yang Dibahas Biden

Kremlin mengumumkan perpanjangan kesepakatan itu dalam sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa Putin dan Biden telah berbicara untuk pertama kalinya sejak Biden menjabat sebagai Presiden AS pada 20 Januari.

Sebelumnya, Moskwa dan Rusia gagal menyetujui perpanjangan New START ketika AS masih berada di bawah kepemimpinan Donald Trump.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X