19 Mayat Hangus Ditemukan di Dekat Perbatasan Meksiko-AS

Kompas.com - 25/01/2021, 18:25 WIB
Kekerasan terkait kartel telah melanda Meksiko sejak 2006, dengan lebih dari 300.000 pembunuhan sejak itu. AFP PHOTO/GUILLERMO ARIASKekerasan terkait kartel telah melanda Meksiko sejak 2006, dengan lebih dari 300.000 pembunuhan sejak itu.

MEKSIKO CITY, KOMPAS.com - Setidaknya 19 mayat hangus ditemukan di Meksiko dekat perbatasan AS, melansir AFP pada Minggu (24/1/2021).

Kantor kejaksaan negara bagian Tamaulipas mengatakan lokasi penemuan mayat tersebut berada di daerah di mana kartel narkoba sering bentrok.

Polisi pada Sabtu (23/1/2021), menemukan dua kendaraan yang terbakar yang berisi sisa beberapa tubuh manusia di jalan pedesaan dekat kota Carmago.

Investigasi awal menunjukkan bahwa para korban telah ditembak, kemudian tubuh mereka dibakar.

Polisi mengatakan ada kemungkinan korban tewas di lokasi berbeda, karena tidak ditemukan selongsong peluru di lokasi kejadian.

Baca juga: 5 Bos Kartel Narkoba Terkaya Sepanjang Sejarah, dari Pablo Escobar hingga Ochoa Bersaudara

“Otopsi sedang dilakukan, tetapi identifikasi mayat akan menjadi rumit karena kondisinya,” kata sumber dari kantor kejaksaan.

Carmago, sebuah kota berpenduduk sekitar 15.000 orang, berbatasan dengan negara bagian Texas AS dan dekat dengan negara bagian Nuevo Leon di Meksiko.

Pihak berwenang dari Nuevo Leon bekerja sama dengan kantor kejaksaan Tamaulipas.

Wilayah ini sering mengalami bentrokan antara kartel Noreste, yang mengontrol sebagian Nuevo Leon, dan kartel Teluk, yang telah aktif di Tamaulipas selama beberapa dekade.

Baca juga: Kejam dan Brutal: Berikut Profil 4 Kartel Narkoba Terkuat di Meksiko

Pada Januari 2019, di kota tetangga Miguel Aleman, 24 mayat ditemukan, 15 di antaranya hangus.

Meksiko mencatat 34.523 pembunuhan pada 2020. Jumlah itu hanya turun sedikit dari korban pada 2019 yang sebesar 34.608, yang merupakan rekor tertinggi sejak penghitungan resmi dimulai.

Kekerasan terkait kartel telah melanda Meksiko sejak 2006, dengan lebih dari 300.000 pembunuhan sejak itu.

Baca juga: Kartel Narkoba di Meksiko Hujani Kepala Polisi dengan 100 Tembakan di Mobil


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X