Siapakah Shurahbil bin Hasana, Sahabat Nabi yang Dirikan Masjid di Israel?

Kompas.com - 25/01/2021, 14:44 WIB
Reruntuhan masjid yang diyakini sebagai salah satu masjid tertua yang ditemukan arkeolog di pinggiran Kota Tiberias di utara Israel, yang menghadap ke pantai barat Danau Tiberias. HAARETZReruntuhan masjid yang diyakini sebagai salah satu masjid tertua yang ditemukan arkeolog di pinggiran Kota Tiberias di utara Israel, yang menghadap ke pantai barat Danau Tiberias.

TEL AVIV, KOMPAS.com - Sebuah reruntuhan ditemukan oleh tim arkeolog di Israel dan diidentifikasi sebagai masjid tertua di dunia sebagaimana diwartakan Kompas.com, Minggu (24/1/2021).

Setelah melakukan penggalian lebih lanjut, peneliti meyakini bahwa masjid itu berasal dari periode Kekaisaran Bizantium.

Reruntuhan masjid tersebut terletak di pinggiran Kota Tiberias di utara Israel, yang menghadap ke pantai barat Danau Tiberias sebagaimana dilansir dari Arab News.

Masjid itu sendiri diyakini dibangun oleh seorang sahabat Nabi Muhammad Saw pada awal tahun 635 M, Shurahbil bin Hasana.

Baca juga: Salah Satu Masjid Tertua Ditemukan di Israel, Dibangun Seorang Sahabat Nabi

Meski belum benar-benar dipastikan bahwa masjid itu dibangun Shurahbil, pertanyaan tentang siapa sosok Shurahbil sang sahabat Nabi ini cukup menarik.

“Kami tidak dapat memastikan lebih lanjut bahwa masjid ini didirikan Shurahbil,” kata Katia Cytryn-Silverman dari Hebrew University of Jerusalem, yang memimpin tim arkeolog.

“Tapi kami memiliki sumber yang mengatakan dia mendirikan sebuah masjid di Tiberias ketika dia menaklukkannya pada 635,” imbuhnya.

Berikut ini sekilas informasi tentang Shurahbil, sosok yang diduga mendirikan masjid yang ditemukan oleh tim arkeolog di Israel.

Baca juga: Unik, Masjid di Malaysia Dilengkapi Tempat Fitness, Ada Pelatihnya Juga

Siapakah Shurahbil bin Hasana?

Shurahbil bin Hasana alias Shurahbil bin Abdullah adalah seorang komandan pasukan Muslim yang pernah menaklukkan Levant pada abad ke-7.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X