Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selandia Baru Belum Aman dari Covid-19, Varian Baru Virus Corona Sudah Masuk

Kompas.com - 25/01/2021, 12:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WELLINGTON, KOMPAS.com - Selandia Baru melaporkan kasus pertama Covid-19 dalam lebih dari dua bulan, dan itu adalah varian baru virus corona dari Afrika Selatan.

Menteri Kesehatan Chris Hipkins mengumumkannya pada Senin (25/1/2021), dan kemungkinan pasien tertular saat berada di karantina hotel.

Pasien adalah wanita berusia 56 tahun yang baru kembali dari Eropa. Dia dinyatakan positif pada Sabtu (23/1/2021), atau 10 hari setelah menyelesaikan karantina wajib 2 minggu.

Baca juga: Selandia Baru Selidiki Kasus Covid-19 Komunitas Pertama Kali Setelah Sekian Bulan

"Jenis infeksi adalah varian Afrika Selatan dan sumber infeksi sangat mungkin dari sesama orang yang kembali," kata Hipkins dikutip dari AFP.

Wanita itu diduga tertular di karantina, dari seseorang di lantai hotel yang sama dan dia dinyatakan positif dua hari sebelum wanita 56 tahun itu keluar.

Wanita tersebut bepergian di wilayah Northland dekat Auckland setelah keluar karantina, dan menunjukkan gejala selama beberapa hari sebelum dites.

Dua orang yang dekat dengannya, termasuk suaminya, dinyatakan negatif Covid-19.

Baca juga: Dubes Tantowi Yahya Beberkan Resep Selandia Baru Sukses Tangani Covid-19

Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield mengatakan, bisa jadi kedua orang itu tidak tertular karena jenis infeksinya berbeda.

"Dia (si wanita) tidak mengeluhkan gejala pernapasan, lebih banyak nyeri otot, jadi dia mungkin tidak banyak menularkan atau menyebarkan virus," katanya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, tidak ada bukti yang jelas varian baru virus corona dari Afrika Selatan menyebabkan penyakit lebih parah atau tingkat kematian lebih tinggi.

Selandia Baru banyak dipuji mengenai penangannya terhadap wabah virus corona.

Negara pimpinan PM Jacinda Ardern itu mencatatkan 25 kematian dari 1.927 kasus dalam 5 juta populasinya.

Baca juga: Selandia Baru Akan Gratiskan Vaksin Covid-19 bagi Warga dan Negara Sekitarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com