Israel Dilaporkan Serang Suriah Lagi, Dicegat Sistem Pertahanan Udara

Kompas.com - 22/01/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi rudal. SHUTTERSTOCKIlustrasi rudal.

DAMASKUS, KOMPAS.com – Sistem pertahanan udara Suriah dilaporkan menahan serangan udara Israel pada Jumat (22/1/2021) pagi waktu setempat.

Media pemerintah Suriah melaporkan, serangan tersebut terjadi di Provinsi Hama. Suara ledakan juga terdengar di sana.

Beberapa tahun terakhir, Israel memang kerap kali melakukan serangan udara terhadap sejumlah wilayah Suriah sebagaimana dilansir dari Reuters.

Israel kerap menyebut serangan udara yang mereka lancarkan menyasar fasilitas militer milik Iran atau fasilitas milik Hezbollah Lebanon yang didukung Teheran.

Baca juga: Ledakan Bahan Kimia di Pelabuhan Beirut Diduga Terkait dengan Pengusaha Suriah

Seorang sumber militer mengatakan kepada media pemerintah, serangan udara tersebut berasal dari arah Kota Tripoli di Lebanon.

"Sekitar pukul 04.00, musuh Israel melancarkan agresi udara dengan rentetan rudal yang datang dari arah kota Tripoli di Lebanon, yang mengarah ke beberapa sasaran di sekitar Provinsi Hama," lapor media pemerintah Suriah, mengutip sumber militer.

“Pertahanan udara kami menghadapi rudal musuh dan menjatuhkan sebagian besar dari rudal-rudal itu,” imbuh sumber tersebut.

Di sisi lain, militer Israel menolak berkomentar terkait kabar serangan tersebut.

Baca juga: 57 Pasukan di Suriah Tewas dalam Serangan Udara Israel Paling Mematikan

Dalam pernyataan sebelumnya, Israel menggambarkan serangan terhadap Suriah diperlukan untuk melindungi front utaranya dari Iran.

Sebelumnya, Israel juga melancarkan serangan udara terhadap Suriah pekan lalu dan menewaskan 57 pasukan Suriah dan sekutu milisi yang didukung Iran.

Halaman:

Sumber AFP,Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X