Gempa M 7,0 Guncang Filipina Selatan, Bersamaan dengan Sulawesi Utara

Kompas.com - 21/01/2021, 23:04 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

JOSE ABAD SANTOS, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 7,0 magnitudo mengguncang Filipina selatan pada Kamis (21/1/2021) malam, bersamaan dengan gempa di Sulawesi Utara, Indonesia.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan, belum ada laporan kerusakan yang mereka terima dan tidak ada potensi tsunami.

Gempa Filipina ini melanda sekitar 310 kilometer tenggara kota Davao di pulau Mindanao, pada kedalaman 95 km pukul 20.23 waktu setempat.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,0 di Kepulauan Talaud, Ini Sumber Pemicunya

Sementara itu di Indonesia gempa 7,1 magnitudo mengguncang Sulawesi Utara pukul 19.23 WIB atau 20.23 WITA, yang artinya terjadi bersamaan karena WIB dan Filipina hanya berselisih waktu 1 jam.

Para penduduk di kota Jose Abad Santos kehilangan aliran listrik selama sekitar 15 menit setelah diguncang gempa, tetapi tidak ada kerusakan kata kepala polisi Kapten Glabynarry Murillo kepada AFP.

"Dari pantauan kami di kantor polisi, kami melihat banyak orang bergegas keluar," ujar Murillo.

"Kami juga langsung keluar karena kantor polisi adalah gedung berlantai tiga."

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulawesi Utara, Getaran Dirasakan Cukup Lama

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X