Indonesia Resmi Jabat Ketua ASEAN Committe in Rome (ACR)

Kompas.com - 21/01/2021, 16:03 WIB
Duta Besar Indonesia di Italia, Esti Andayani. KBRI ROMADuta Besar Indonesia di Italia, Esti Andayani.

ROMA, KOMPAS.com - Pada pertemuan ke-56 para Duta Besar ASEAN Committee in Rome (ACR) yang digelar secara daring/virtual pada Rabu (20/1/2021), Indonesia secara resmi menjabat sebagai Ketua ACR untuk periode Januari-Juli 2021.

Serah terima jabatan Keketuaan ACR ini dilakukan dari Ketua ACR sebelumnya Duta Besar Vietnam ThiBich Hue kepada Duta Besar Indonesia Esti Andayani.

Pertemuan juga dihadiri oleh para Dubes ACR lainnya, yaitu Dubes Abdul Malik Melvin Castelino (Malaysia), Dubes Daw Hmway Khyne (Myanmar), Dubes Domingo P Nolasco (Filipina), dan Dubes Chirdchu Raktabutr (Thailand).

Baca juga: Eks PM Italia Silvio Berlusconi Dilarikan ke RS karena Sakit Jantung

Dalam sambutannya setelah penetapan Keketuaan Indonesia di ACR, Duta Besar Esti Andayani menyatakan kesiapan Indonesia untuk memikul tanggung jawab sebagai Ketua ACR.

"Di tengah situasi pandemi Covid-19, upaya ACR tidak akan berhenti. Banyak kerja sama yang dapat dan perlu dilakukan dengan Italia," kata Dubes Esti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

"Saya tentunya membutuhkan bantuan dan kerja sama seluruh pihak untuk menjalankan misi ACR guna semakin memperkenalkan ASEAN dan negara-negara anggota ASEAN di Italia.:

"Secara khusus, dengan telah disepakatinya Italia sebagai negara Development Partner ASEAN, hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengisi kerja sama kemitraan tersebut, dengan berbagai program dan inisiatif kegiatan yang saling menguntungkan," pungkas Dubes Esti.

Baca juga: 3 Hakim yang Awasi Sidang 355 Anggota Mafia Italia Minta Mundur

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan pula rencana kegiatan ACR di bawah Keketuaan Indonesia.

Para Dubes ASEAN juga telah menyetujui rencana kegiatan ACR selama 6 bulan ke depan, di antaranya penyelenggaraan Konferensi pertama Pemuda ASEAN-Italia pada April 2021, serta kegiatan Torino-ASEAN Business Day pada pertengahan tahun 2021, untuk mendekatkan ASEAN dengan berbagai pihak di wilayah Italia, khususnya kelompok bisnis Italia.

Momentum kerja sama ASEAN dan Italia ditandai dengan pemberian status Development Partner kepada Italia pada September 2020.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X