10 Hari Upaya Penyelamatan, 1 Orang Tewas dan 21 Penambang Masih Terjebak di Bawah Tanah

Kompas.com - 21/01/2021, 11:31 WIB
Ilustrasi tambang emas. (Shutterstock) Ilustrasi tambang emas. (Shutterstock)

BEIJING, KOMPAS.com – Seorang penambang emas yang terperangkap di bawah tanah dipastikan tewas setelah 10 hari upaya pencarian.

Sementara itu, tim penyelamat masih melanjutkan upaya penyelamatan kepada 21 penambang lain yang masih terjebak di dalam tanah.

Sebelumnya, sebanyak 22 penambang emas terjebak ratusan meter di bawah tanah di Tambang Hushan dekat Kota Qixia di Provinsi Shandong, China.

Dilansir dari AFP, Rabu (20/1/2021), mereka terjebak di dalam tambang karena adanya ledakan di mulut tambang sehingga memutus akses keluar dan akses komunikasi pada 10 Januari lalu.

Baca juga: Tim Penyelamat China Gali Lubang Baru untuk Selamatkan Pekerja Tambang Emas yang Terjebak

Pada Minggu (17/1/2021), tim penyelamat berhasil melakukan kontak dengan 11 penambang di satu lokasi dengan kedalaman sekitar 580 meter di bawah tenah.

Selain itu ada seorang penambang yang diyakini terperangkap sendirian sekitar 100 meter lebih dalam daripada kelompok pertama.

Sedangkan sisanya, 10 penambang, nasib dan keberadaannya masih belum jelas.

Setelah berhari-hari melakukan pencarian, tim penyelamat menemukan tanpa tanda-tanda kehidupan berupa sebuah catatan tulisan tangan.

Baca juga: Pekerja Tambang Emas China yang Terjebak Kirim Catatan Sepekan Kemudian, Apa Isinya?

Catatan itu dikaitkan kepada kabel logam yang dijatuhkan oleh tim penyelamat ke tambang pada Minggu.

Di dalam catatan itu, para penambang meminta makanan dan obat-obatan serta memperingatkan bahwa ketinggian air di tambang yang rusak itu makin meninggi.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X