Joe Biden Hadiri Kebaktian Jelang Pelantikan di Katedral St. Matthew

Kompas.com - 20/01/2021, 23:06 WIB
 Biden menyebut protes kekerasan di US Capitol sebagai serangan terhadap usaha paling sakral Amerika : melakukan bisnis rakyat. AP PHOTO/ SUSAN WALSH Biden menyebut protes kekerasan di US Capitol sebagai serangan terhadap usaha paling sakral Amerika : melakukan bisnis rakyat.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Joe Biden menghadiri kebaktian di Katedral St. Matthew di Washington DC, sebelum berlangsungnya pelantikan pada Rabu (20/1/2021).

Dalam kebaktian tersebut, Biden akan bergabung dengan 4 pemimpin Kongres, di antaranya yaitu Pemimpin GOP Senat Mitch McConnell dan Pemimpin Demokrat Chuck Schumer, menurut laporan yang dilansir dari CNN pada Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Jelang Pelantikan Biden, Washington DC Berubah Jadi Medan Perang

Presiden yang akan datang biasanya menghadiri kebaktian pada pagi hari pelantikan mereka, sering kali di Gereja Episkopal St. John, sebuah gereja kecil di seberang Lafayette Square dari Gedung Putih, yang dikenal sebagai "Gereja Para Presiden".

Sejak 1933, ada 7 presiden yang menghadiri kebaktian pagi di St. John's sebelum pelantikan publik mereka, menurut Komite Kongres Bersama tentang Upacara Pelantikan, yaitu Franklin D. Roosevelt, Truman, Reagan, George HW Bush, George W Bush, Barack Obama, dan Donald Trump.

Baca juga: Warga Desa di India Bergembira Jelang Pelantikan Wapres AS Terpilih Kamala Harris

FDR pergi ke St. John's sebelum tiga pelantikannya, untuk keempatnya, pada 1945, FDR menghadiri kebaktian pribadi di Gedung Putih.

St. John's kembali menjadi berita pada 2020 sebagai latar belakang operasi foto Alkitab Trump yang terkenal.

Baca juga: Jelang Pelantikan Biden, Trump Meninggalkan Gedung Putih untuk Terakhir Kalinya

St. Matthew telah menjadi tempat beberapa peristiwa bersejarah, termasuk Misa pemakaman Presiden John F. Kennedy pada 25 November 1963.

Pemakaman Ketua Mahkamah Agung AS William Rehnquist dan Associate Justice William J. Brennan juga diadakan di sana.

Baca juga: Momen Pelantikan Biden Makin Dekat, Militer AS Tingkatkan Kewaspadaan

Bunda Teresa, Paus Yohanes Paulus II, dan Paus Fransiskus semuanya juga telah mengunjungi St. Matius.

Katedral ini juga secara tradisional menyelenggarakan perayaan tahunan yang disebut "Misa Merah" pada Minggu sebelum dimulainya masa jabatan reguler Mahkamah Agung pada Oktober, di mana para hakim Mahkamah Agung, anggota Kongres dan pemimpin pemerintah diundang untuk menghadiri kebaktian khusus.

Baca juga: Pelantikan Joe Biden, Warga Washington DC Justru Terkurung di Rumah


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X