Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pelantikan Biden, Trump Meninggalkan Gedung Putih untuk Terakhir Kalinya

Kompas.com - 20/01/2021, 21:32 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) yang akan lengser, Donald Trump tampak meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya jelang pelantikan penggantinya, Joe Biden.

Melansir BBC, Rabu (20/1/2021) Trump menaiki helikopter ke pangkalan Andrews, dari sana dia naik pesawat Air Force One menuju Florida.

Trump akan tercatat dalam sejarah sebagai presiden pertama yang menolak pelantikan penggantinya, sejak Andrew Johnson menolak Ulysses S Grant pada tahun 1869.

Baca juga: Kenapa Grasi Donald Trump “Berbeda” dari Pemimpin Dunia Lainnya?

Sebelum pergi ke Florida, Trump sempat berhenti sejenak untuk berbicara dengan wartawan di Gedung Putih. Dia mengatakan, "Sebuah kehormatan besar menjadi presiden," lapor CNN.

Setelah upacara perpisahan di Andrews dengan hormat senjata dan juga band militer, dia akan terbang untuk memulai kehidupan pasca-presiden di klub golf Mar-a-Lago di Palm Beach.

Di jam-jam terakhirnya, Trump memberikan grasi kepada lebih dari 140 orang, termasuk mantan penasihatnya Steve Bannon, yang menghadapi tuduhan penipuan.

Baca juga: Fakta Donald Trump Presiden AS Pertama Tidak Memulai Perang Baru dalam Dekade Terakhir

Adapun pengganti Trump, Joe Biden, Presiden AS terpilih akan mengambil sumpah jabatan pada siang hari waktu Amerika di Washington.

Tempat pelantikannya telah dibentengi pasukan keamanan ketat setelah kerusuhan mematikan di Capitol 6 Januari lalu.

Sekitar 25.000 tentara akan menjaga selama upacara pelantikan. Selain itu, ratusan ribu warga AS tidak akan menghadiri pelantikan Biden karena aturna batasan di tengah pandemi virus corona.

Baca juga: Presiden Trump Ampuni 73 Orang Sebelum Meninggalkan Gedung Putih

Bersama Biden, wakilnya, Kamala Harris akan membuat sejarah ketika dilantik. Harris akan menjadi wanita kulit berwarna pertama yang menjadi wakil presiden di "Negeri Paman Sam" itu.

Jelang pelantikannya, Biden pada Rabu telah menetapkan 15 tindakan eksekutif yang akan segera dia ambil, meliputi iklim, kesetaraan, imigrasi, dan virus corona.

Tidak seperti Trump, Wakil Presiden AS petahana Mike Pence akan menghadiri upacara pelantikan Biden-Harris. 

Untuk itu, Pence tidak menghadiri acara penghormatan militer perpisahan Trump di pangkalan Andrews.

Baca juga: Jelang Pelantikan Biden, YouTube Perpanjang Larangan terhadap Saluran Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com