Katib Aam PBNU dan Uskup Agung Jakarta Bicara Radikalisme di Asia dalam Konferensi Internasional

Kompas.com - 20/01/2021, 10:47 WIB
Katib Aam PBNU Yahya Staquf bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (15/1/2020) Dok. Yahya StaqufKatib Aam PBNU Yahya Staquf bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (15/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Katib Aam PBNU dijadwalkan tampil di konferensi internasional vatikan bersama Uskup Agung Jakarta.

Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, dan Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, dijadwalkan berbicara sebagai narasumber dalam Konferensi Internasional.

Acara itu diprakarsai oleh Tahta Suci Vatikan, pada 26-27 Januari 2021, seperti siaran pers yang diterima Kompas.com pada Rabu (20/1/2021).

Konferensi bertajuk “Religious Radicalism: Christian And Muslim Understanding And Responses” atau Radikalisme Agama: Pandangan dan Tanggapan Umat Kristen dan Umat Islam.

Baca juga: Di Argentina Ada Agama yang Didirikan Khusus untuk Memuja Diego Maradona

Itu akan digelar secara virtual dengan tuan rumah Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama (Pontifical Council for Interreligious Dialogue).

Katib Aam PBNU dan Uskup Agung Jakarta akan tampil di hari pertama konferensi tersebut.

Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo akan berdampingan dengan Prof. Akhtarul Wasey, Wakil Kanselir dari Universitas Maulana Azad di Jodhpur Rajasthan, India, untuk menyampaikan catatan-catatan dari sudut pandang Kristen dan Muslim tentang radikalisme di Asia.

Sedangkan KH Yahya Cholil Staquf diminta untuk memberikan wawasan mengenai “Global Geo-politic Conflicts and Understanding the Phenomena of Home-grown Terrorism and Foreign Fighters” (Konflik Geopolitik Global dan Pemahaman tentang Gerakan Teroris Yang Tumbuh di Dalam Negeri dan Mujahidin Antarnegara).

Baca juga: Menteri Agama Afghanistan: Rakyat Bahagia atas Kunjungan Jusuf Kalla

Konferensi virtual ini melibatkan tokoh-tokoh dari kalangan pemimpin agama dan intelektual dari Timur Tengah, Afrika, Asia, Eropa dan Amerika.

Selain Katib Aam PBNU dan Uskup Agung Jakarta, yang akan tampil juga antara lain Sekretaris Jenderal Liga Ulama Muhammadiyah Kerajaan Maroko, Syaikh Ahmad Abbadi dan Pimpinan Desk Islam di Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, Khaled Akasheh asal Yordania.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X