Upacara Perpisahan Trump Akan Digelar Meriah Saat Pelantikan Joe Biden

Kompas.com - 19/01/2021, 09:27 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berkampanye mendukung calon Senator dari Partai Republik, Kelly Loeffler dan David Perdue, di Dalton, Georgia, Senin (4/1/2021). AP PHOTO/BRYNN ANDERSONPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat berkampanye mendukung calon Senator dari Partai Republik, Kelly Loeffler dan David Perdue, di Dalton, Georgia, Senin (4/1/2021).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pada Rabu pagi waktu setempat (20/1/2021), Donald Trump akan meninggalkan Gedung Putih bersamaan saat rivalnya, Joe Biden dilantik menggantikan tampuk kekuasaannya.

Perayaan meriah diharapkan Trump akan mengawal kepergiannya dari Gedung Putih, untuk mengantarnya ke penerbangan terakhir sebagai presiden negara adi daya, menuju Palm Beach melalui Joint Base Andrews, seperti yang dilansir dari CNN. 

Presiden terpilih Joe Biden akan secara resmi dilantik pada hari Rabu, dan Presiden Trump telah berencana tidak menghadiri upacara tersebut, dan sebaliknya, akan meninggalkan Washington DC, pada pagi itu.

Baca juga: Jelang Pelantikan Biden, Demonstran Bersenjata Bermunculan di Beberapa Negara Bagian

Presiden yang kerap menuai kontroversi itu diperkirakan berangkat dari Joint Base Andrews pada Rabu pagi (20/1/2021) dan tiba di resor Palm Beach miliknya pada saat Biden dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat.

Trump telah memberi tahu orang-orang, bahwa dia tidak menyukai gagasan meninggalkan Washington sebagai mantan presiden dan benci harus memikirkan Biden menggunakan pesawat presiden itu.

Trump akan berangkat dari Marine One di South Lawn Gedung Putih, yang kemungkinan akan terlihat dan terdengar oleh tim Biden.

Baca juga: Foto-foto Washington DC bak Zona Perang Jelang Pelantikan Joe Biden

Sebelum pelantikan Joe Biden, mereka akan menghabiskan malam di Blair House, di seberang Pennsylvania Ave dari rumah eksekutif.

Trump menolak untuk melakukan kontak dengan presiden dan ibu negara yang baru.

Begitu Trump tiba di Joint Base Andrews akan dilakukan upacara perpisahan gaya militer dan ia serta ibu negara akan dikelilingi oleh para pendukung.

Acara itu diperkirakan seperti perayaan keberangkatan kunjungan kenegaraan, kata seorang pejabat kepada CNN.

Baca juga: Tawa dan Lega, Suasana Transisi Kekuasaan di Gedung Putih Jelang Pelantikan Biden

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X