Jelang Pelantikan Biden, Demonstran Bersenjata Bermunculan di Beberapa Negara Bagian

Kompas.com - 18/01/2021, 14:53 WIB
Pengunjuk rasa bersenjata, yang mengidentifikasi diri mereka sebagai Liberty Boys, berpose untuk foto sesama demonstran di luar Oregon State Capitol pada Minggu, (17/1/2021). AP PHOTO/NOAH BERGERPengunjuk rasa bersenjata, yang mengidentifikasi diri mereka sebagai Liberty Boys, berpose untuk foto sesama demonstran di luar Oregon State Capitol pada Minggu, (17/1/2021).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Gedung DPRD di beberapa negara bagian di Amerika Serikat ( AS) didatangi oleh sekelompok kecil demonstran bersenjata pada Minggu (17/1/2021).

Beruntungnya, aksi tersebut tidak berujung kekerasan, meski para demonstran ini membawa senjata api.

Di Columbus, Ohio, sekitar 50 pendukung Presiden AS Donald Trump membawa bendera "Kebebasan atau Kematian" ke Gedund DPRD sekitar pukul 11.00 waktu setempat, menurut USA Today.

Di antara mereka, ada yang membawa senapan serbu dan beberapa senjata api jenis lainnya sebagaimana dilansir dari New York Post.

Baca juga: Seorang Pria Ditangkap Dekat Capitol AS karena Membawa Pistol dan 500 Butir Amunisi

Kelompok itu bertemu dengan kelompok yang menentang demonstrasi. Setidaknya, satu dari mereka membawa bendera Black Lives Matter, menurut outlet lokal WBNS.

Namun demikian, tidak ada aksi kekerasan atau penangkapan yang dilaporkan. Sebagian besar demonstran telah pergi pukul 14.30 waktu setempat.

Sekitar 321 kilometer jauhnya, di Lansing, Michigan, beberapa demonstran yang membawa senjata juga tampak di sana.

Kelompok tersebut berafiliasi dengan berbagai milisi sayap kanan berkumpul di luar Gedung DPRD, menurut The Detroit Free Press.

Baca juga: FBI Cek Personel Garda Nasional, Cegah Adanya Pembangkang Saat Pelantikan Biden

Bila dibandingkan dengan Ohio, kehadiran demonstran tersebut terbilang kecil. Pasalnya, jumlah demonstran bersenjata di sana hanya sekitar 20 orang.

Pukul 16.00 waktu setempat, tidak ada laporan tentang aksi kekerasan atau penangkapan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X