Kelompok Bersenjata Serang Kamp Pengungsi di Sudan, 80 Orang Tewas

Kompas.com - 18/01/2021, 12:11 WIB
Ilustrasi pria bersenjata. UNSPLASH/SERG ANTONOVIlustrasi pria bersenjata.

KOMPAS.com – Sekelompok pria bersenjata menyerang kamp pengungsi dan tempat lain di Sudan dan membunuh sedikitnya 80 orang.

Kelompok tersebut menyerang kamp pengungsi Krinding dan di tempat lain di Genena, Ibu Kota Negara Bagian Darfur Barat pada akhir pekan ini.

Gubernur Darfur Barat, Mohamed Abdallah Al Douma, mengatakan pihaknya kini telah mengerahkan ratusan tentara di seluruh negara bagian untuk memulihkan keamanan.

Douma mengatakan, permasalahan dimulai pada Jumat (15/1/2021) ketika seorang anggota Suku Masalit membunuh seorang anggota Suku Arab karena masalah pribadi.

Baca juga: Sudan Resmi Tanda Tangani Perjanjian Normalisasi dengan Israel

Pembunuh akhirnya ditangkap lalu jaksa penuntut umum negara bagian membuka penyelidikan atas apa yang terjadi sebagaimana dilansir dari VOA.

Douma menambahkan, orang-orang bersenjata dari berbagai wilayah di Darfur merencanakan dan melancarkan apa yang tampaknya seperti serangan balas dendam pada Sabtu (16/1/2021).

"Dan saya tidak mengetah apa motivasinya menyerang kamp (pengungsi)," kata Douma kepada South Sudan in Focus.

"Tapi mereka membakar lebih dari sepertiga kamp dan membunuh sejumlah orang yang masih kami hitung," imbuh Douma.

Baca juga: AS Resmi Hapus Sudan dari Daftar Negara Pendukung Teroris

Ribuan pengungsi lantas melarikan diri dari kamp karena adanya kekerasan tersebut. Douma mengatakan para penyerang juga melakukan penjarahan.

Dia mengatakan kepada South Sudan in Focus bahwa Darfur Barat dibanjiri senjata api, senapan mesin, dan bahkan artileri berat, yang semuanya digunakan selama serangan itu.

Halaman:

Sumber VOA News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X