Tahanan Palestina Dapat Vaksin Covid-19 di Penjara Israel

Kompas.com - 18/01/2021, 07:59 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/PALSANDIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

TEL AVIV, KOMPAS.com - Lembaga Pemasyarakatan Israel pada Minggu (17/1/2021) mengatakan, mereka mulai menyuntikkan vaksin Covid-19 ke semua tahanan termasuk dari Palestina.

Keputusan itu diambil menyusul adanya seruan dari kelompok-kelompok HAM, pejabat Palestina, dan jaksa agung Israel.

Israel secara keseluruhan telah menyuntikkan setidaknya satu dosis vaksin ke lebih dari 2 juta warganya. Ini adalah vaksinasi virus corona tercepat per kapita di dunia.

Baca juga: Rakyat Palestina Demo Tolak Permukiman Israel, 15 Orang Luka-luka

Namun Israel dikritik keras karena Menteri Keamanan Publik Amir Ohana mengatakan, tahanan Palestina akan menjadi yang terakhir disuntik vaksin corona.

Jaksa Agung Israel Avichai Mandelbit kemudian menyurati Ohana, yang menyebut perkataannya tidak pantas, lapor surat kabar Israel Ma'ariv.

Kelompok-kelompok HAM di Israel dan dunia termasuk Amnesty International, serta Organisasi Pembebasan Palestina, juga mendesak Israel memvaksinasi sekitar 4.400 tahanan Palestina di penjara-penjara tersebut.

Menurut Palestinian Prisoner's Club, sekitar 250 tahanan Palestina di Israel positif Covid-19.

Baca juga: Maskapai Emirates Dikabarkan Skors Pilotnya karena Enggan Terbangkan Pesawat ke Israel

Kemudian Menteri Kesehatan Israel Yuli Edelstein pekan lalu mengumumkan, dosis pertama vaksin Covid-19 akan disalurkan ke penjara dalam beberapa hari mendatang.

Lembaga Pemasyarakatan Israel pada Minggu (17/1/2021) menyampaikan, 20 tahanan sudah disuntik dosis awal vaksin, tetapi tidak menyebut mereka orang Palestina atau bukan.

Sebelumnya pada hari yang sama dikatakan, setelah vaksinasi staf, vaksinasi tahanan akan dimulai di penjara sesuai protokol medis dan operasional yang ditetapkan Lembaga Pemasyarakatan.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X