Wapres AS Mike Pence Dikabarkan Menghubungi Kamala Harris untuk Ucapkan Selamat

Kompas.com - 16/01/2021, 13:06 WIB
Foto kombinasi menunjukkan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dan penantangnya, kandidat dari Partai Demokrat Kamala Harris, saat melakikan debat di Kingsburry Hall, Universitas Salt Lake City, Utah, pada 7 Oktober 2020. AFP PHOTO/ERIC BARADAT, ROBYN BECKFoto kombinasi menunjukkan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dan penantangnya, kandidat dari Partai Demokrat Kamala Harris, saat melakikan debat di Kingsburry Hall, Universitas Salt Lake City, Utah, pada 7 Oktober 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence dikabarkan telah menghubungi calon penerusnya, Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris untuk mengucapkan selamat.

Melansir Associated Press (AP), dua orang sumber anonim mengabarkan bahwa Pence telah menghubungi Harris dan memberikan ucapan selamat pada Kamis (14/1/2021).

Itu adalah kontak pertama yang diketahui antara pejabat pemerintahan yang hendak lengser kepada pejabat pemerintah AS yang hendak memimpin negeri itu.

Baca juga: Mike Pence Berjanji Pelantikan Joe Biden Aman dan Sejarah Amerika Dijunjung Kembali

Presiden AS Donald Trump sendiri belum menghubungi Presiden terpilih Joe Biden atau mengundangnya ke Gedung Putih.

Trump malah menghabiskan waktu berminggu-minggu bersembunyi di Gedung Putih sejak kalah dalam pemilihan 3 November lalu.

Dia juga berusaha merusak legitimasi kemenangan Biden dengan klaim tak berdasar yang menghasut para pendukungnya melancarkan serangan di Gedung Capitol AS 6 Januari lalu.

Baca juga: Wapres AS Mike Pence Tolak Gunakan Amendemen Ke-25 untuk Gulingkan Trump

Pence dikabarkan berbincang dengan Harris pada Kamis sore, sebuah panggilan telepon yang baik menurut salah satu sumber anonim.

Pence mengucapkan selamat kepada Harris serta menawarkan bantuan.

Mike Pence menjadi sosok yang membela kemenangan Biden, yang banyak tidak diduga orang meski terlambat.

Baca juga: Beda dengan Trump, Wapres AS Mike Pence Bakal Hadir di Pelantikan Biden

Dia juga sudah tidak berbicara dengan Trump selama beberapa hari usai kerusuhan di Capitol Hill.

Sementara Trump sebagian besar menghabiskan waktu tetap berada di balik pintu tertutup, tanpa corong media Twitter-nya yang sudah diblokir dan dalam kondisi marah sejak kekalahannya.

Mike Pence yang kemudian memenuhi banyak tugas seremonial kepresidenan.

Baca juga: Mike Pence Buat Marah Trump dengan Akui Tidak Miliki Kuasa untuk Tolak Hasil Pemilu AS 2020


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X