Mike Pence Berjanji Pelantikan Joe Biden Aman dan Sejarah Amerika Dijunjung Kembali

Kompas.com - 15/01/2021, 11:48 WIB
Wakil Presiden AS Mike Pence. AFP / RHONA WISEWakil Presiden AS Mike Pence.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Wakil Presiden AS Mike Pence pada Kamis (14/1/2021) berjanji akan meluruskan sejarah Amerika dan memastikan transisi kekuasaan yang aman ke presiden terpilih Joe Biden.

Sumpah Pence keluar setelah 8 hari terjadinya peristiwa pengepungan Gedung Capitol oleh massa pendukung Presiden Donald Trump.

Melansir Reuters pada Jumat (15/1/2021), Pence membuat pernyataan itu sebelum briefing keamanan di markas besar Badan Menejemen Darurat Federal.

Baca juga: Disiarkan Langsung di TV, Wapres AS Mike Pence Terima Vaksin Covid-19

Hal serupa juga ia sampaikan selama melakukan pertemuan dengan pasukan Garda Nasional yang menjaga Gedung Capitol, di mana Pence salah satu di antara pejabat atas AS yang terdesak untuk bersembunyi dari serangan massa pekan lalu.

"Kita semua menjalani hari itu, 6 Januari. Dam seperti yang dijelaskan presiden kemarin, kita berkomitmen untuk transisi tertib dan pelantikan yang aman," ujar Pence. 

"Rakyat Amerika pantas mendapatkannya," tandas Pence dalam acara publik pertamanya sejak serangan yang menewaskan lima orang itu.

Baca juga: Mike Pence Buat Marah Trump dengan Akui Tidak Miliki Kuasa untuk Tolak Hasil Pemilu AS 2020

Wakil presiden setia itu kemudian menegaskan bahwa jadwal pelantikan Biden dan Harris sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, tidaklah berubah, yatu 20 Januari 2021.

Pence menyataan pelantikan itu akan dipastikan berjalan "konsisten sebagaimana gaya sejarah kita dan tradisi kita, yaitu dengan memberikan penghormatan kepada rakyat Amerika dan Amerka Serikat sendiri".

Pada hari itu, Pence juga bertemu dengan puluhan penjaga di luar Gedung Capitol. Ia berterima kasih kepada mereka karena telah memberikan keamanan "pada saat yang begitu penting dalam kehidupan bangsa kita".

Baca juga: Trump Lampiaskan Amarah kepada Mike Pence Ketika Makin Tersudut Usai Demo di Gedung Capitol

Penampilan publik Pence yang hati-hati pada Kamis (14/1/2021) kontras dengan Trump, yang belum mengunjungi Capitol sejak penyerbuan pekan lalu.

Halaman:

Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X