Beda dengan Trump, Wapres AS Mike Pence Bakal Hadir di Pelantikan Biden

Kompas.com - 10/01/2021, 10:42 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence AFP PHOTOPresiden Amerika Serikat Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Wakil Presiden AS Mike Pence dikonfirmasi bakal hadir dalam pelantikan Joe Biden 20 Januari mendatang.

Dia tidak mengikuti Presiden Donald Trump, yang mengumumkan takkan menginjakkan kakinya di Gedung Putih saat Hari Inaugurasi.

Trump menjadi presiden keempat dalam sejarah AS, dan prtama sepanjang 150 tahun terakhir, yang menolak menghadiri pelantikan penggantinya.

Baca juga: Diblokir Media Sosial? Tidak Masalah, Trump Sebut Akan Bikin Platform Sendiri...

Biden sebelumnya menyatakan, dia bakal merasa terhormat jika Wapres Mike Pence bersedia hadir pada 20 Januari.

Namun sebaliknya, dia mengaku adalah "hal yang tepat" jika pendahulunya itu memilih untuk tidak hadir sesuai tradisi yang ada.

Sejak dinyatakan kalah dari Biden, Trump berulang kali mengeklaim dirinya dicurangi dalam Pilpres AS 3 November 2020.

Dia menyerukan pendukungnya untuk datang ke Washington pada Rabu (6/1/2021), saat Kongres AS mengesahkan kemenangan Biden.

Namun, seruan itu berakibat fatal. Kerusuhan pun terjadi di Gedung Capitol setelah massa pendukung petahana berusaha untuk masuk.

Lima orang tewas dalam insiden itu. Empat di antaranya adalah pendukung presiden, sementara satu orang lagi merupakan polisi.

Baca juga: Staf Trump Diblokir dari Twitter karena Tawarkan Akunnya ke Presiden

Ketua DPR AS Nancy Pelosi dalam suratnya menyatakan, dia siap kembali menggelar pemakzulan paling cepat pekan depan.

Halaman:

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X