10 Bayi Tewas dalam Insiden Kebakaran Tragis di Rumah Sakit India

Kompas.com - 09/01/2021, 15:50 WIB
Media dan personel polisi berkumpul setelah sepuluh bayi tewas di unit bersalin di Maharashtra pada awal 9 Januari ketika api melanda rumah sakit umum distrik di Bhandara di negara bagian Maharashtra, India. AFPMedia dan personel polisi berkumpul setelah sepuluh bayi tewas di unit bersalin di Maharashtra pada awal 9 Januari ketika api melanda rumah sakit umum distrik di Bhandara di negara bagian Maharashtra, India.

MUMBAI, KOMPAS.com - Sepuluh bayi tewas di unit bersalin di negara bagian Maharashtra, India. Kejadian itu terjadi ketika kebakaran melanda sebuah rumah sakit besar pada Sabtu pagi (9/1/2021).

“Staf menyelamatkan tujuh bayi yang baru lahir di rumah sakit distrik Bhandara. Tetapi besarnya api menghalangi mereka kembali mencapai 10 bayi lainnya,” kata Pramod Khandate, seorang dokter senior, kepada AFP.

Menurut laporan, semua bayi yang meninggal berusia antara beberapa hari dan tiga bulan.

"Penyebab kebakaran belum diketahui tapi staf kami memadamkan api secepat mungkin. Asap menyebabkan bayi-bayi mati lemas," kata Khandate.

Baca juga: Saya Minta Pemerintah India Kembalikan Jasad Anak Saya...

Perawat yang bertugas mengetahui sumber api berasal dari unit neonatal rumah sakit, tempat bayi baru lahir ditempatkan. Petugas kemudian segera membunyikan alarm.

Petugas pemadam kebakaran menghentikan penyebaran api ke bagian lain rumah sakit dan pasien lainnya dipindahkan ke tempat aman.

"Tragedi yang menyayat hati di Bhandara, Maharashtra, di mana kami kehilangan nyawa muda yang berharga," kata Perdana Menteri India Narendra Modi di Twitter.

Pemimpin Partai Oposisi India, Rahul Gandhi menyebut kematian itu "sangat tragis".

Pihak berwenang memerintahkan penyelidikan segera atas bencana terbaru tersebut untuk meningkatkan keraguan tentang keamanan di rumah sakit India.

Baca juga: Jenazah Pria di India Dibawa Tetangganya ke Bank untuk Ambil Uang Pemakaman

Lebih dari 90 orang tewas dalam kebakaran di sebuah rumah sakit Kolkata pada tahun 2011.

Kebakaran di rumah sakit di Ahmedabad pada Agustus menewaskan delapan pasien virus corona.

Lima pasien Covid-19 lainnya meninggal dalam kebakaran di sebuah klinik di Rajkot pada November.

Mahkamah Agung meminta laporan keamanan di rumah sakit virus corona karena insiden tersebut.

Baca juga: Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri, India Banjir Kritik


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X