Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria yang Berfoto di Ruang Kantor Ketua DPR AS Saat Kerusuhan Capitol Ditahan FBI

Kompas.com - 09/01/2021, 11:36 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - FBI menahan pria dari Arkansas yang berfoto duduk di kursi ruang kantor Nancy Pelosi, ketua DPR Amerika Serikat (AS) pada kerusuhan di Capitol Hill, Rabu (6/1/2021).

Melansir Associated Press (AP), Richard Barnett (60) didakwa karena telah memasuki kantor Ketua DPR Nancy Pelosi dan bahkan berfoto di sana. 

Dia menyerahkan diri kepada FBI di Kantor Kepala Polisi Daerah Benton, Bentonville, Arkansas, AS, ungkap Juru bicara FBI Little Rock, Connor Hagan.

Baca juga: Ikut Kerusuhan Gedung Capitol, 2 Pendukung Trump Dipecat dari Tempat Kerja

Barnett dipenjara di Pusat Penahanan daerah Washington dekat Fayetteville, Arkansas, tanpa diperkenankan bebas dengan jaminan, ungkap Hagan. Tidak ada juga pengacara bagi Barnett dalam catatan pengadilan online.

Ken Kohl, wakil kepala jaksa penuntut federal di Washington mengatakan bahwa Barnett didakwa karena telah memasuki kantor Pelosi.

Di sana, Barnett meninggalkan sebuah catatan dan membuang beberapa surat pembicara. 

Baca juga: Biden Salahkan Trump atas Kerusuhan di Capitol Hill, Sebut Para Anarkis Teroris Domestik

Barnett menghadapi 3 dakwaan federal di antaranya; sengaja memasuki tempat yang dilindungi tanpa izin, melakukan kekerasan dan berperilaku tidak tertib di kompleks Capitol, serta melakukan pencurian properti dan catatan publik.

Jika dia terbukti bersalah, dia akan menghadapi hukuman satu tahun penjara federal.

Pihak berwenang mengatakan Barnett termasuk di antara pendukung Presiden Trump yang menyerbu Capitol pada Rabu lalu.

Baca juga: Akhirnya, Trump Akui Kalah dari Biden, Kecam Kerusuhan di Capitol

Akibat kerusuhan di kompleks Capitol itu, lima orang tewas termasuk seorang petugas polisi Capitol.

Pihak berwenang mengatakan mudah mengidentifikasi Barnett sejak media mengunggah fotonya yang tengah duduk 'bersantai' di kursi Ketua DPR Nancy Pelosi.

Mereka juga menggunakan video dari kamera pengawas di dalam Capitol dan wawancara yang diberikan Barnett kepada seorang reporter New York Times di mana dia mengatakan tidak mencuri sebuah amplop dari meja Pelosi dan menyumpah serapahi ketua DPR itu.

Baca juga: Capitol Hill, Contoh Sempurna Arsitektur Neoklasik

Barnett berasal dari Gravette di barat laut Arkansas, AS. Dia menyebut dirinya di media sosial sebagai pendukung Trump dan pendukung hak bersenjata.

Jim Parsons, pensiunan letnan kolonel Angkatan Darat yang pernah bertugas di Vietnam mengatakan kepada AP bahwa dia telah menjadi pembicara tamu di beberapa "pertemuan patriotik" yang juga dihadiri Barnett.

Barnett membawa senapan AR-15 bersamanya "untuk memastikan segalanya tetap damai," kata Parsons. Dia menyebut Barnett “Orang baik dan patriotik."

Baca juga: Respons Para Pemimpin Dunia, Menyayangkan Peristiwa Kerusuhan Capitol Hill

Sementara Wali Kota Gravette, Kurt Maddox mengatakan foto Barnett di kantor Pelosi telah membuat kota kecilnya mendapat perhatian yang tidak diinginkan dan beberapa penduduk telah menerima ancaman.

FBI menanggapi ancaman semacam itu "dengan sangat serius," kata juru bicara Hagan.

Baca juga: Donald Trump Baru Muncul Setelah Kerusuhan Capitol Hill, Serukan Pemulihan dan Rekonsiliasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com