Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi dan Jual Memorabilia Kerajaan Inggris di Ebay, Pelayan Ratu ini Ditahan

Kompas.com - 06/01/2021, 00:53 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber The Sun

LONDON, KOMPAS.com - Adamo Canto dijatuhi hukuman delapan bulan penjara setelah mengaku bersalah atas tiga tuduhan pencurian, pada sidang di pengadilan mahkota Southwark pada Senin (4/1/2021).

Polisi menemukan "sejumlah besar" barang curian ketika mereka menggeledah tempat tinggalnya di Royal Mews di Istana Buckingham. Pria berusia 37 tahun itu bekerja sebagai asisten catering sejak 2015.

“Beberapa barang, senilai antara 10.000 - 100.000 euro (Rp 170 juta - 1,7 miliar), termasuk dua medali bergengsi terdaftar di eBay,” kata jaksa Simon Maughan melansir The Sun.

Canto mengaku mencuri barang-barang termasuk foto yang ditandatangani Duke dan Duchess of Cambridge, William dan Kate. Ada juga album foto perjamuan selama kunjungan kenegaraan Presiden Trump, yang dijualnya seharga 1.500 euro (Rp 25,6 juta).

Pada November, pria berusia 37 tahun itu didakwa mencuri dua medali bergengsi, yaitu Companion of the Order of the Bath dan Commander of the Royal Victorian Order.

Baca juga: Nekat Curi Dispenser Permen Karet, Pria Ini Dibekuk Polisi

Penghargaan, milik pensiunan wakil laksamana Angkatan Laut Sir Anthony Johnstone-Burt, dilaporkan terdaftar di situs lelang seharga 350 euro (Rp 5,9 juta).
ebay Penghargaan, milik pensiunan wakil laksamana Angkatan Laut Sir Anthony Johnstone-Burt, dilaporkan terdaftar di situs lelang seharga 350 euro (Rp 5,9 juta).

Penghargaan, milik pensiunan wakil laksamana Angkatan Laut Sir Anthony Johnstone-Burt, dilaporkan terdaftar di situs lelang seharga 350 euro (Rp 5,9 juta).

Pria berusia 62 tahun itu saat ini menjabat sebagai Kepala Keluarga Ratu - bertanggung jawab atas operasi "di bawah tangga".

Medali kedua milik pensiunan perwira Angkatan Darat Inggris Mayor Jenderal Matthew Sykes, 65 tahun.

Sidang November menemukan sekitar 77 barang diambil dari toko istana. Sementara yang lain dicuri dari loker staf, ruang linen, kantor tiket Royal Collection, toko Galeri Ratu dan gudang Duke of York.

Canto juga dituduh mengambil barang-barang lain dari Rumah Tangga Kerajaan dan Toko Kerajaan. Termasuk kacamata berukir, bingkai foto bertuliskan lambang Pangeran Harry dan alat tulis buatan tangan Smythson.

Baca juga: Curi Ponsel dari Petarung MMA, Pencuri Ini Malah Babak Belur Dihajar

Canto, dari Scarborough, North Yorks, diketahui telah membuat postingan rutin di media sosial tentang kunjungan ke perkebunan kerajaan seperti Balmoral dan Sandringham.

Dia juga membanggakan undangannya ke pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tahun 2018 serta Putri Eugenie dan Jack Brooksbank.

Pria berusia 37 tahun itu adalah pengguna TikTok dan memposting video di aplikasi dirinya yang menunjuk ke Istana Buckingham di belakangnya dan terlihat menirukan lirik lagu Consider Yourself dari artis Oliver Twist.

Lusinan video menunjukkan dia menari dan menghibur dirinya sendiri selama lockdown di Inggris. Foto Ratu dan Pangeran Philip ada sebagai latar belakangnya.

Baca juga: Mata-mata Super Rusia, Pria Ini Curi Data Rahasia AS dan Sekutunya Selama 32 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com