Trump Masih Lancarkan Upaya Membalik Hasil Pilpres AS, Begini Tanggapan Biden

Kompas.com - 05/01/2021, 18:21 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden AFP/ALEX EDELMANPresiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden lebih banyak menghindari kontroversi yang melanda hari-hari terakhir Presiden Donald Trump.

Pendekatan berbeda coba diproyeksikannya dalam memimpin AS, ketika dia pindah ke Gedung Putih, yang diharapkan terjadi pada 20 Januari.

Biden dan timnya tidak memberikan tanggapan atas upaya Trump untuk membatalkan pemilu, yang mencapai babak baru akhir pekan lalu. Ketika Trump menekan sekretaris negara bagian Republik Georgia "menemukan" cukup suara untuk mengubah hasil di negara bagian itu sehingga menguntungkannya.

Beberapa Demokrat mengatakan tindakan Trump layak untuk mendapat proses pemakzulan baru. Tapi, Biden lebih berhati-hati.

Dia tidak membahas masalah ini secara langsung selama kunjungannya ke Georgia pada Senin sore (4/1/2021), melansir AP.

Baca juga: Jelang Lengser, Trump Malah Buka Banyak Lahan Arktik untuk Pengeboran Minyak AS

Selain berkampanye untuk dua kandidat Senat Demokrat, dia hanya merespons upaya Trump untuk membalikkan hasil pemilihan dengan candaan.

“Saya tidak tahu mengapa dia masih menginginkan pekerjaan ini. Dia bahkan tidak mau melakukan pekerjaannya."

Biden kemudian berbicara secara luas tentang "teman oposisi" Demokrat, menyadarikan mereka bahwa "kekuatan mengalir dari rakyat."

“Politisi tidak bisa menegaskan, mengambil atau merebut kekuasaan. Kekuasaan diberikan oleh rakyat Amerika sendiri, ”katanya.

Komentarnya menyusul pernyataan singkat tertulis dari penasihat senior Bob Bauer akhir pekan ini yang mengecam "serangan Trump terhadap demokrasi AS."

Halaman:

Sumber AP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X