[POPULER GLOBAL] Rekaman Trump Minta Tambahan Suara di Pilpres AS | 6 Pengkritik yang Dibungkam China

Kompas.com - 05/01/2021, 05:15 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berbicara di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). AP PHOTO/EVAN VUCCIPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat berbicara di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020).

KOMPAS.com - Dari Amerika, China, hingga Malaysia, deretan berita populer global kali ini bervariasi dari topik politik hingga kejadian menggelitik.

Di Amerika Serikat (AS), muncul rekaman Presiden Donald Trump yang meminta tambahan suara untuk menang di negara bagian Georgia.

Sementara itu di China, jika benar Jack Ma hilang karena mengkritik pemerintah, maka dia menambah panjang daftar pengkritik yang dibungkam pemerintahan Xi Jinping.

Kemudian di Malaysia, ada dua kejadian viral yaitu cincin yang tersangkut di alat kelamin seorang suami, dan penumpang kereta api yang marah-marah saat ditegur harus pakai masker.

Baca juga: Puncaki Daftar Negara dengan Militer Terkuat, Ini Kekuatan Militer AS

Kumpulan berita populer global dari Senin (4/1/2021) hingga Selasa (5/1/2021) dapat Anda baca di bawah ini.

1. Pilpres AS: Terungkap Rekaman Trump Minta Suara untuk Kalahkan Joe Biden

Sebuah rekaman percakapan telepon yang dilakukan Donald Trump, menunjukkan Presiden Amerika Serikat (AS) itu meminta tambahan suara guna membatalkan kemenangan Joe Biden di negara bagian Georgia.

Obrolan Trump dan pejabat tinggi pemilu AS di Georgia yang sesama anggota Republik itu, dilaporkan The Washington Post pada Minggu (3/1/2021).

"Saya cuma minta 11.780 suara," pinta Trump ke Sekretaris Negara Bagian Georgia, Brad Raffensperger.

Kutipan percakapan Trump selengkapnya dapat Anda baca di sini.

Baca juga: Bocor ke Publik, Ini Kata Trump di Telepon Saat Minta Suara Pilpres AS di Georgia

2. 6 Pengkritik Pemerintah yang Dibungkam China, dari Li Wenliang hingga Jack Ma

China dikenal sangat keras menindak para pengkritik pemerintahannya. Beberapa dibungkam, tetapi ada juga yang sampai dijebloskan ke penjara atau meninggal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X