Kompas.com - 04/01/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi ekstremis euphrates.orgIlustrasi ekstremis

NIAMEY, KOMPAS.com - Perdana Menteri Niger, Brigi Rafini mengatakan jumlah korban tewas akibat serangan ekstremis di Niger meningkat dari 70 orang menjadi 100, Sabtu (2/1/2021).

Melansir BBC, serangan terjadi di 2 desa, desa Tchombangou dan desa Zaroumdareye di wilayah Tillabéri. Kedua desa itu dekat perbatasan Niger dengan Mali.

Peristiwa itu adalah yang paling mematikan dalam sejah Niger yang sudah penuh dengan kekerasan etnis dan teror ekstremis.

Baca juga: Ledakan Bom Bunuh 2 Tentara Wanita Perancis di Mali

Sejauh ini belum ada 1 kelompok ekstremis pun yang mengeklaim bertanggung jawab.

Menurut Wali Kota Almou Hassane, serangan itu dilakukan para ekstremis yang menaiki 100 kendaraan bermotor, dikutip kantor berita AFP.

Kelompok teror itu terpecah dalam 2 kelompok dan menyerang secara serentak.

Baca juga: Pasukan Khusus AS Selamatkan Warganya yang Diculik di Niger

Mantan menteri Issoufou Issaka mengatakan kepada AFP bahwa para ekstremis menyerang 2 desa itu setelah penduduk desa membunuh 2 anggota mereka, walau kabar itu belum dikonfirmasi.

Wali Kota Hassane mengatakan 75 penduduk desa lainnya terluka dalam pembantaian itu, beberapa dari mereka dievakuasi dan mendapatkan perawatan di Ouallam dan ibu kota Niamey.

Pada Minggu, Perdana Menteri Niger mengunjungi 2 desa tersebut. Kepada wartawan dia berkata, "Situasinya sangat mengerikan... tapi penyelidikan akan dilakukan jadi kejahatan ini tak akan luput dari hukuman."

Baca juga: Kelompok Pria Bersenjata Tembak Mati 6 Turis Perancis dan 2 Petugas Cagar Alam di Niger

Wilayah Tillabéri Niger terletak di wilayah tiga perbatasan antara Niger, Mali dan Burkina Faso, yang telah diganggu oleh serangan ekstremis selama bertahun-tahun.

Halaman:

Sumber AFP,BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X