Kesepakatan Dagang Pasca-Brexit, Ini 7 Poin yang Disepakati Inggris dan Uni Eropa

Kompas.com - 01/01/2021, 15:49 WIB
Suporter Brexit mengibarkan bendera Union Jack di Parliamentary Square, London, pada 31 Januari 2020. Brexit akan mempunyai dampak besar ke Inggris Raya tak terkecuali ke Premier League dan Liga Inggris. AFP/DANIEL LEAL-OLIVASSuporter Brexit mengibarkan bendera Union Jack di Parliamentary Square, London, pada 31 Januari 2020. Brexit akan mempunyai dampak besar ke Inggris Raya tak terkecuali ke Premier League dan Liga Inggris.

LONDON, KOMPAS.com - Uni Eropa dan Inggris pada Sabtu (26/12/2020) menerbitkan teks lengkap dari kesepakatan dagang pasca- Brexit.

Dokumen setebal 1.246 halaman ini secara khusus menjelaskan bagaimana kesepakatan dagang akan dijalankan, juga hak penangkapan ikan yang sensitif secara politik.

Kesepakatan ini menggantikan aturan perdagangan transisi Brexit, yang berakhir pada Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Pasca-Brexit Ini Dia Sejumlah Dampak Era Baru Hubungan Inggris-UE

Dilansir dari AFP, berikut adalah 7 poin kesepakatan dagang pasca-Brexit yang disepakati Inggris dan Uni Eropa.

1. Tarif

Kesepakatan ini tidak mengenakan tarif atau kuota di hampir semua barang yang diproduksi di Inggris dan Uni Eropa, yang diperdagangkan antara kedua pihak.

Ekspor Inggris harus mematuhi standar kesehatan dan keselamatan Uni Eropa, dan ada aturan ketat yang mengatur produk yang dibuat dengan suku cadang dari luar Uni Eropa atau Inggris.

2. Sengketa

Inggris menolak peran apa pun di Pengadilan Uni Eropa, sehingga sengketa akan ditangani WTO atau pengadilan arbitrase ad hoc, yang terdiri dari tiga ahli hukum independen dan pakar perdagangan, jika perundingan gagal.

Kesepakatan dagang ini secara keseluruhan akan diawasi oleh "Dewan Kemitraan" dengan perwakilan dari kedua pihak.

Berbagai komite di bawah Dewan tersebut akan mengawasi aspek-aspek berbeda dari perjanjian tersebut.

Ada juga pilihan bagi anggota parlemen untuk membentuk "Majelis Kemitraan Parlemen".

Baca juga: Brexit Akhirnya Beres, Begini Reaksi Kelegaan Boris Johnson

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X