Di Tengah Wabah Covid-19, Begini Negara-negara Merayakan Tahun Baru

Kompas.com - 01/01/2021, 11:59 WIB
Pertunjukan kembang api nampak di langit malam untuk merayakan Tahun Baru, dan dihadiri banyak orang di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, pada Jumat dini hari, 1 Januari 2021. AP PHOTO/Jon Chol JinPertunjukan kembang api nampak di langit malam untuk merayakan Tahun Baru, dan dihadiri banyak orang di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, pada Jumat dini hari, 1 Januari 2021.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Negara-negara di dunia merayakan Tahun Baru 2021 dengan berbagai kebijakan menyikapi pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung.

Dari Paris hingga New York, sejumlah kota besar di penjuru Bumi terpaksa merayakan pergantian tahun dengan di rumah saja demi mencegah virus corona.

Meski begitu, ada negara yang masih berselebrasi secara mewah saat wabah. Penasaran siapa saja? Berikut daftarnya dilansir Sky News Kamis (31/12/2020)).

Baca juga: Kim Jong Un Tulis Surat ke Rakyatnya di Tahun Baru, Apa Isinya?

1. Korea Utara

Penduduk di negara yang menganut ideologi "Juche" itu bakal berkumpul di alun-alun utama ibu kota Pyongyang saat Tahun Baru.

Konser dan pertunjukan kembang api digelar, dengan media pemerintah mengabarkan hadirin mengenakan masker namun berdekatan sembari membawa balon.

Sementara para penampil, tanpa memakai penutup muka, bernyanyi dan menari di atas panggung yang didekorasi dengan tanda "2021" secara meriah dan warna-warni.

Lagu-lagu patriotik pun dikumandangkan, seperti "kemuliaan bagi Jenderal Kim Jong Un" atau "aku mencintai negaraku yang hebat".

Mereka yang datang mengenakan pakaian tradisional Korea hanbok, kemudian para penari memakai baju berpayet, dan adanya karakter manusia salju raksasa.

Korea Utara sampai detik ini masih mengeklaim tidak mendapatkan kasus Covid-19, meski pemerintahnya mengaku sudah memeriksa ribuan.

Baca juga: Tahun Baru, Apakah Perlu Membuat Resolusi?

Halaman:

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X