Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Nashville: Pacar Tersangka Tahu Bom Dibuat Sejak Tahun Lalu

Kompas.com - 31/12/2020, 09:46 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

TENNESSEE, KOMPAS.com - Pelaku pemboman Hari Natal di Nashville disebut telah membuat bahan peledak di sebuah trailer di rumahnya sejak tahun lalu.

Keterangan itu disampaikan teman wanita pelaku pemboman, dalam laporan polisi yang dibuat pada 2019 melansir BCC pada Kamis (31/12/2020).

FBI mengatakan Anthony Quinn Warner, 63 tahun telah ditetapkan sebagai tersangka pemboman. Dia meledakkan sebuah mobil van di luar gedung perusahaan telekomunikasi, membunuh dirinya sendiri dan melukai tiga orang lainnya.

Motifnya belum terungkap sampai saat ini. Catatan kriminal Warner hanya terdiri dari tuduhan terkait mariyuana tahun 1978.

Pada Senin (28/12/2020), Biro Investigasi Tennessee mengatakan Warner, yang pernah bekerja di bidang teknologi informasi (TI) dan memiliki pengalaman luas dengan elektronik, tidak ada dalam radar kepolisian.

Tetapi pernyataan dan laporan yang dirilis oleh Departemen Kepolisian Metropolitan Nashville (MNPD) pada Selasa (29/12/2020), menunjukkan otoritas lokal dan federal telah diberi tahu tentang tindakan Warner pada Agustus 2019.

Baca juga: Siapa Michelle Swing, Wanita yang Diberi Rumah oleh Pembom Nashville?

Apa isi laporan polisi?

Laporan tersebut menceritakan sebuah insiden, saat petugas dipanggil ke rumah pacar Warner, Pamela Perry, di Nashville pada 21 Agustus 2019.

Pengacara Perry, Raymond Throckmorton, meminta polisi untuk mengunjungi rumah wanita itu setelah mengungkapkan keprihatinan tentang komentar yang Perry buat.

Ketika petugas tiba, mereka menemukan Perry sedang duduk di teras dengan dua pistol tak berpeluru di dekatnya.

"Dia menceritakan bahwa senjata itu milik Tony Warner, dan bahwa dia tidak ingin polisi berada di dalam rumah lagi," kata polisi Nashville dalam sebuah pernyataan.

Kepolisian mengatakan, Perry akhirnya setuju untuk dibawa dengan ambulans untuk evaluasi psikologis.

Namun sebelum itu, Perry mengatakan kepada petugas bahwa pacarnya sedang "membuat bom di trailer RV (kendaraan rekreasi) di kediamannya," kata laporan polisi.

Laporan itu juga menyebut bahwa Throckmorton telah menceritakan kepada petugas soal Warner, yang "sering berbicara tentang militer dan pembuatan bom."

Baca juga: Motif Ledakan di Nashville pada Hari Natal Masih Jadi Teka-teki yang Sulit Dipahami

Menurut laporan itu, pengacara yakin Warner tahu apa yang dia lakukan dan mampu membuat bom.

Dalam wawancara dengan surat kabar The Tennessean, Throckmorton menyatakan sudah mendesak polisi menyelidiki tuduhan Perry. Pasalnya dia khawatir akan keselamatan kliennya itu.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com