Satu Kru Kapal yang Tiba di Darwin dari Indonesia Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 30/12/2020, 13:30 WIB
Kapal pengangkut hewan ternak tiba di East Arm Wharf, kota Darwin dari Indonesia pada Minggu malam lalu. ABC News/Matt GarrickKapal pengangkut hewan ternak tiba di East Arm Wharf, kota Darwin dari Indonesia pada Minggu malam lalu.

KOMPAS.com - Sejumlah pekerja di Pelabuhan Darwin melakukan isolasi mandiri, setelah memiliki riwayat kontak dengan awak kapal Dimantina yang membawa hewan ternak dari Indonesia, Minggu malam lalu (27/12/2020).

Satu awak kapal asal Pakistan yang berusia 25 tahun dinyatakan positif tertular virus corona setelah melakukan tes.

Sebelumnya ia dilaporkan memiliki gejala dalam perjalanan dari Indonesia, namun baru dites setibanya kapal di Darwin Port.

Menteri Kesehatan Kawasan Australia Utara, Natasha Fyles, mengatakan pekerja pelabuhan sekarang sedang menjalankan isolasi sendiri termasuk kapten dan satu karyawan yang melabuhkan kapal.

Baca juga: Untuk Pertama Kali, Australia Laporkan Kasus Varian Baru Virus Corona asal Afrika Selatan

Menkes Natasha mengatakan para pekerja Pelabuhan Darwin mengenakan APD yang sesuai saat mereka berlabuh.

"Semua anggota kru adalah kontak dekat dan sedang diawasi," kata Natasha.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Risikonya sangat rendah bagi warga lain, [karena] orang-orang ini tetap di atas kapal dan tidak berinteraksi dengan warga."

Natasha mengatakan pria berusia 25 tahun yang dites positif virus corona tidak melakukan kontak langsung dengan karyawan Pelabuhan Darwin.

"Ia yang dinyatakan positif itu dirawat di Royal Darwin Hospital," ujarnya.

Baca juga: Warga Australia Bisa Dapat Vaksin Covid-19 Gratis Mulai Maret 2021

Kru di karantina, tidak menunjukkan gejala

Sebagian besar kru telah menjalani karantina yang diawasi di kawasan Howard Springs, di mana mereka akan tinggal selama 14 hari di area terpisah dari pintu kedatangan antarnegara bagian.

Otoritas kesehatan di Kawasan Australia Utara mengatakan tidak ada awak yang meninggalkan kapal sebelum tes satu orang dinyatakan positif, dan protokol ketat telah diberlakukan untuk setiap kapal yang tiba di Kawasan Australia Utara.

Namun, beberapa awak telah diperintahkan untuk tetap berada di kapal sesuai dengan hukum maritim internasional, di mana mereka akan mengisolasi diri dan menjalani tes Covid-19.

Kasus baru ini membuat jumlah kasus virus corona di Kawasan Australia Utara, atau Northern Territory, menjadi 75.

Jumlah itu termasuk 40 kasus dari warga Australia yang kembali dari luar negeri.

Baca juga: Harga Daging di Australia Kini yang Termahal Sedunia, Kok Bisa?


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X