Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal 2020, KBRI Roma Gelar Perayaan secara Hybrid

Kompas.com - 27/12/2020, 16:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Perayaan Natal 2020 di KBRI Roma diselenggarakan secara hybrid pada Jumat (18/12/2020), mengingat Italia saat ini masih berada pada fase kedua (second phase) penanganan Covid-19.

Dubes RI Roma Esti Andayani didampingi beberapa home staff secara terbatas hadir di Wisma Duta KBRI Roma.

Kemudian secara virtual hadir pula Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan beserta Ibu Bertha Jinangkung, Wakeppri KBRI Roma George Lantu, para Romo dan Suster WNI, Konsul Kehormatan RI di Italia (Jacoppo Capuccio dan Guiseppe Testa), perwakilan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan Indonesia di Italia, pelajar dan mahasiswa, dan masyarakat lainnya.

Baca juga: Bantu WNI di New Normal Italia, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com. tercatat lebih dari 75 keluarga WNI dan Diaspora Indonesia di beberapa kota di Italia berpartisipasi dalam perayaan Natal ini, yang tetap mengedepankan protokol keamanan dan kesehatan.

Kegiatan virtual ini dimulai dengan ibadah Natal yang dipimpin oleh Romo Agustinus Purnama MSF pada pukul 18.00 waktu Italia.

Kegiatan ibadah ini diikuti oleh WNI umat Kristiani yang tinggal di Italia dari rumah masing-masing.

Tercatat lebih dari 75 keluarga WNI dan Diaspora Indonesia di beberapa kota di Italia berpartisipasi dalam perayaan Natal ini.DOK KBRI ROMA Tercatat lebih dari 75 keluarga WNI dan Diaspora Indonesia di beberapa kota di Italia berpartisipasi dalam perayaan Natal ini.
Sementara itu, perayaan Natal dengan masyarakat dilakukan setelah ibadah, dimulai dengan penyalaan lilin oleh Dubes Esti Andayani dan beberapa home staff KBRI Roma mewakili beberapa organisasi kemasyarakatan dan keagamaan WNI di Italia.

Dalam sambutannya, Dubes Esti Andayani menyampaikan ucapan selamat Natal dan tahun baru kepada seluruh WNI di negara akreditasi.

“Dalam situasi seperti ini, kita sadar bahwa manusia ternyata “rapuh”, dan saling membutuhkan satu dengan lainya. Karenanya, semangat cinta kasih, perdamaian, persatuan dan saling tolong menolong, serta keyakinan dan keimanan yang kuat, harus terus ada dan tumbuh berkembang dalam diri kita semua”.

Dilanjutkannya, “Dengan kerja sama tersebut, kita yakin bisa melewati masa pandemi ini, menghadapi tantangan kehidupan, karena Tuhan YME selalu bersama kita semua, membawa terang di tengah kegelapan sesuai dengan tema Natal Tahun 2020”.

“Semoga melalui perayaan virtual yang sederhana ini, kita masih tetap bisa memaknai Natal ini”, pungkasnya.

Baca juga: KBRI Roma Ingatkan Pembatasan Kunjungan ke Indonesia, Termasuk Bali

Pesan senada juga disampaikan Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan, Amrih Jinangkung.

“Acara natal ini sederhana, namun khidmat. Ini akan menyentuh hati kita semua untuk terus memperkuat kebersamaan dalam memaknai kelahiran-Nya”.

Dubes Amrih juga menyampaikan terima kasih dapat berpartisipasi dalam acara tersebut, termasuk pada saat Ibadat virtual.

Kemudian Dubes RI Vatikan juga menggunakan kesempatan kegiatan virtual ini untuk menyampaikan salam perkenalannya dengan WNI di Italia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com