[Biografi Tokoh Dunia] John Lasseter, Animator Jenius di Balik Karya Disney

Kompas.com - 26/12/2020, 21:49 WIB
John Lasseter adalah animator jenius dibalik karya Disney seperti Toy Story, Inside Out, Coco hingga Frozen.
AFP PHOTO/VALERIE MACONJohn Lasseter adalah animator jenius dibalik karya Disney seperti Toy Story, Inside Out, Coco hingga Frozen.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa banyak orang di dunia untuk tetap tinggal di rumah. Nyaris satu tahun penuh, berbagai jenis hiburan pelega penat dari keseharian tidak bisa dengan bebas dinikmati.

Dengan ruang terbatas yang bisa dijajaki tahun ini, layanan streaming sedikit banyak menjadi penyelamat saat kebosanan mulai merasuki.

Film baru penyegar suasana sampai film jadul pembangkit nostalgia banyak tersedia di berbagai layanan streaming favorit.

Bagi keluarga dengan anak-anak di rumah, film animasi mungkin jadi salah satu genre film yang paling sering diputar tahun ini.

Apakah Anda juga menikmati karya dari John Alan Lasseter? Dia dikenal sebagai jenius di balik film-film Pixar dari Toy Story, Inside Out hingga Coco. Dia juga memimpin kebangkitan Walt Disney Animation dengan hit raksasa seperti Frozen.

Baca juga: Akankah Era Film Blockbuster Hollywood Berakhir di Pandemi Covid-19?

Pria asal California itu adalah animator pemenang Academy Award, sutradara dan pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Kreatif di Pixar dan Walt Disney Animation Studios.

Pecinta kartun veteran

John Lasseter tampak seolah-olah dia ditakdirkan untuk mengikuti jejak ibunya yang berprofesi sebagai guru seninya. Ibunya menjadi orang yang selalu mendorongnya berkarier di bidang animasi.

Di masa kecilnya, Lasseter sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggambar dan menonton kartun. Lasseter kecil akan bergegas pulang dari sekolah untuk menonton kartun Chuck Jones di televisi.

Dia memulai pendidikan pasca sekolah menengahnya di Universitas Pepperdine yang bergengsi di Malibu. Tempat itu adalah almamater dari kedua orang tuanya dan saudara kandungnya.

Namun, dia mendengar tentang program baru di Institut Seni California. Akhirnya dia memutuskan untuk meninggalkan Pepperdine, untuk mengikuti mimpinya menjadi seorang animator.

Baca juga: Kartun Ini Mengandung Konten Rasis, Disney Keluarkan Pesan Peringatan dalam Film

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X