Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Perayaan Natal Para Diplomat Eropa di Arab Saudi

Kompas.com - 25/12/2020, 21:52 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Para diplomat dari berbagai negara yang bertugas di Arab Saudi merayakan Natal mereka tahun ini.

Melansir Arab News, Jumat (25/12/2020), perayaan Natal tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena adanya aturan pembatasan di tengah pandemi virus corona.

Duta besar Perancis, Ludovic Pouilles misalnya, merayakan Natal tahun ini di ibu kota Riyadh dan mengatakan bahwa hal terpenting saat ini adalah menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol keselamatan.

"Kita tidak boleh lupa, semua orang yang jauh dari keluarga mereka akibat aturan-aturan ini," ujar Pouilles.

Baca juga: Potret Perayaan Natal di Berbagai Negara, dari Vatikan sampai Indonesia

Lain dengan Michael Jensen, Duta besar Kerajaan Denmark di Arab Saudi. Dia mengatakan bahwa salah satu tradisi Natal di Denmark adalah mendekorasi bersama keluarga.

“Salah satu tradisi yang kami rayakan di Denmark adalah pohon Natal. Pohon itu didekorasi selama bulan Desember dan merupakan sesuatu yang dapat menyatukan seluruh keluarga dari anak-anak paling kecil hingga anggota keluarga tertua dapat menikmati dekorasi pohon,” ujar Michael Jensen.

Musik juga merupakan bagian besar dari Natal. Duta Besar Siprus, Stavros Avgoustides, mengucapkan selamat Natal dan tahun baru kepada semua orang.

Baca juga: Semakin Moderat, Pohon dan Ornamen Natal Ramai Dijual di Toko Suvenir Arab Saudi

Avgoustides mengatakan, "Lagunya [yang biasa dinyanyikan] tentang ucapan selamat dan menyambut orang-orang yang datang ke rumah. Natal adalah momentum persis seperti bulan Ramadan, ketika kita berbagi waktu bersama keluarga, bertukar kado dan berkumpul bersama."

Dubes Siprus mengatakan dia dan keluarganya merayakan Natal di Arab Saudi tahun ini. Dia mendoakan harapannya kepada semua rakyat Saudi dan dunia agar tahun depan semua kondisi, kesehatan dan keamanan terjaga dan makmur.

Selain Dubes Siprus, Dubes Belgia, Dominique Minuer juga mengucapkan selamat kepada semua orang yang telah menaati aturan keselamatan tahun ini sehingga melindungi mereka yang paling rentan terhadap virus.

Baca juga: Pesan Natal Paus Fransiskus: Vaksin untuk Semua, Bekerja Sama Jangan Bersaing

“Yang langsung terlintas di benak saya adalah menghargai keluarga dan teman-teman bahkan pada saat-saat ketika jarak sosial sangat sulit. Banyak sekali cara untuk mengungkapkan cinta atau penghargaan kami, untuk mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Terakhir, Patrick Simonnet, Duta besar Uni Eropa yang baru untuk Kerajaan Arab Saudi, merayakan Natal tahun ini bersama keluarganya di Jeddah.

“Jeddah adalah kota yang indah dan kami sangat senang berada di sini. Kami sempat kesulitan mencari pohon natal tapi akhirnya kami menemukannya. Jadi, kami sekeluarga mengucapkan selamat Natal kepada semua orang yang merayakan Natal di Arab Saudi.”

Baca juga: Wanita Ini Mengaku dapat Keajaiban Natal Setelah Keluarganya Pulih dari Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com