Potret Perayaan Natal di Berbagai Negara, dari Vatikan sampai Indonesia

Kompas.com - 25/12/2020, 21:29 WIB
Umat Kristiani mengikuti ibadah Misa Natal di Gereja GPIB Sion, Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (25/12/2020). Perayaan Natal tahun ini bertemakan Natal Kristus Menghadirkan Kepedulian, Perdamaian dan Membawa Harapan Serta Sukacita Bagi Umat Tuhan. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATUmat Kristiani mengikuti ibadah Misa Natal di Gereja GPIB Sion, Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (25/12/2020). Perayaan Natal tahun ini bertemakan Natal Kristus Menghadirkan Kepedulian, Perdamaian dan Membawa Harapan Serta Sukacita Bagi Umat Tuhan.

KOMPAS.com - Negara-negara berpenduduk umat Kristiani hari ini merayakan Natal, yang jatuh pada Jumat (25/12/2020).

Di tengah pandemi virus corona, perayaan hari Natal 2020 pun menjadi berbeda demi mencegah penularan Covid-19.

Meski di beberapa tempat tetap menggelar misa dan sejumlah perayaan, ada juga yang mengosongkan gereja dan menggeser pelaksanaan ibadah atau acaranya secara online.

Baca juga: Pesan Natal Paus Fransiskus: Vaksin untuk Semua, Bekerja Sama Jangan Bersaing

Di Korea Selatan misalnya, sebagian besar gereja kosong. Para jemaat beribadah secara daring saat "Negeri Ginseng" melaporkan penambahan kasus Covid-19 harian tertinggi.

Misa Natal di Gereja Yoido Full Gospel, Seoul, Korea Selatan, disiarkan secara online pada Jumat (25/12/2020) untuk mencegah penularan virus corona.AP PHOTO/LEE JIN-MAN Misa Natal di Gereja Yoido Full Gospel, Seoul, Korea Selatan, disiarkan secara online pada Jumat (25/12/2020) untuk mencegah penularan virus corona.
"Sungguh memilukan melihatnya," kata Park Jae-woo anggota Gereja Yoido Full Gospel di Seoul, yang biasanya dihadiri 10.000 jemaat, dikutip dari AFP.

Namun hari ini hanya ada 15 staf dan para anggota paduan suara di gereja itu.

Misa yang tak seramai biasanya juga terjadi di Vatikan, bahkan dimajukan dua jam ke pukul 19.30 waktu setempat untuk mematuhi aturan jam malam di Italia.

Baca juga: Rangkuman Perayaan Natal di Dunia: Misa Vatikan Maju 2 Jam, Gereja Korsel Kosong

Paus Fransiskus memimpin Misa Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, pada Kamis (24/12/2020).AP PHOTO/VINCENZO PINTO Paus Fransiskus memimpin Misa Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, pada Kamis (24/12/2020).
Paus Fransiskus memimpin misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus di hadapan kurang dari 200 jemaat yang mengenakan masker. Mereka sebagian besar adalah pegawai di Vatican City.

Sebelum pandemi virus corona melanda dunia, ribuan jemaat dan turis mendatangi situs suci itu untuk menghadiri atau melihat misa Natal.

Lalu di Nigeria yang sedang dilanda teror Boko Haram serta kemunculan varian baru virus corona, Misa Natal tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Serangan Malam Natal Boko Haram Tewaskan 7 Orang di Desa Nigeria

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X