Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bajak Laut Wanita Paling Terkenal di Dunia, Siapa Saja?

Kompas.com - 25/12/2020, 20:56 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - Bajak laut ternyata tidak hanya didominasi laki-laki.Ada beberapa bajak laut wanita yang namanya tersohor, entah karena kepentingan menaklukkan negara atau karena memang ingin menjadi kaya raya dengan menempuh hidup sebagai bajak laut di samudra lepas.

Dari sekian banyak bajak laut, ada 3 bajak laut wanita yang sangat terkenal dan ikonik. Dari China, ada Ching Shih alias Madame Cheng, disusul dari Irlandia, Grace O'Malley dan dari Andalusia, Sayyida Al Hurra.

Seperti apa kiprah mereka dalam catatan sejarah bajak laut terkenal di dunia? Melansir Ancient Origin, berikut ini ringkasannya:

1. Ching Shih, dari pelacur menjadi bajak laut

Ching Shih, seorang pelacur yang menjadi pemimpin bajak laut China yang berpengaruh. ANCIENT-ORIGINS Ching Shih, seorang pelacur yang menjadi pemimpin bajak laut China yang berpengaruh.

Dikenal dengan nama alias Madame Cheng, Ching Shih lahir pada tahun 1775 dan wafat pada 1844 Masehi. Ching Shih adalah satu dari sekian bajak laut yang paling sukses dalam sejarah.

Menurut sejarah, Shih pernah menjadi pelacur setelah suaminya yang juga bajak laut meninggal. Shih lalu mengambil alih "Armada Bendera Merah" suaminya yang begitu besar dan sukses.

Shih menjadikan putra angkatnya, Cheung Po Tsai sebagai kapten armada sekaligus kekasihnya. Dengan bantuan putra angkatnya itu, mereka merampok dan membebankan pajak banyak kota di daerah pesisir.

Mereka menyerang kapal-kapal di Laut China Selatan, melawan negara-negara besar seperti kerajaan Inggris, Portugis dan Dinasti Qing.

Kekayaan juga kekejian mereka tumbuh seiring kendali mereka atas lebih dari 1.500 kapal dan 80.000 orang.

Pemerintah China akhirnya turun tangan dengan menawarkan amnesti bajak laut universal dengan imbalan perdamaian.

Shih menerima tawaran itu. Dia menjalani akhir-akhir hidupnya di Kasino dan rumah bordil. Dia meninggal pada umur 69 tahun.

Baca juga: Sejarah Selai Buah, Makanan Para Petualang dan Bajak Laut

2. Grace O'Malley, sang penjelajah Irlandia

Grace OMalley adalah ratu bajak laut abad 16 di Irlandia.
ANCIENT-ORIGINS Grace OMalley adalah ratu bajak laut abad 16 di Irlandia.

Grace O'Malley lahir di Irlandia sekitar 1530 Masehi, putri seorang bangsawan kaya dan pedagang laut.

Setelah kematian ayahnya, dia mewarisi bisnis pengiriman dan perdagangan yang besar. Sejak hari-hari awalnya, dia menolak peran wanita abad ke-16, dan malah meniti kehidupan di laut dengan armada kapal dagangnya.

Penghasilan dari bisnis ini, serta tanah yang diwarisi dari ibunya, memungkinkannya menjadi kaya dan berkuasa secara politik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com