Kompas.com - 25/12/2020, 18:02 WIB
Dari semua vaksin Covid-19 yang mungkin didistribusikan pada tahun 2021 dan seterusnya, vaksin Pfizer mungkin yang paling sulit disimpan dan didistribusikan. GETTY IMAGES/DOGUKAN KESKINKILIC via ABC INDONESIADari semua vaksin Covid-19 yang mungkin didistribusikan pada tahun 2021 dan seterusnya, vaksin Pfizer mungkin yang paling sulit disimpan dan didistribusikan.

CANBERRA, KOMPAS.com - Upaya untuk mendistribusikan puluhan juta dosis vaksin Covid-19 dengan aman kepada semua warga Australia akan semakin dekat, setelah Pemerintah Federal Australia menandatangani beberapa kesepakatan untuk mengoperasikan dan memantau jaringan vaksin nasional.

Di bawah perjanjian ini, perusahaan logistik DHL dan Linfox akan bekerja dengan Departemen Kesehatan Australia untuk memvaksinasi semua orang di seluruh Australia.

Sementara perusahaan keamanan digital Accenture akan melacak dosis vaksin dan memantau setiap efek samping.

Baca juga: Vaksin Sinovac Asal China Efektif 91,25 Persen Lawan Covid-19

Kantor audit dan akuntan PwC juga bermitra dengan Kementerian Kesehatan Australia untuk membantu peluncuran program Covid-19.

Skema ini akan dimulai pada Maret 2021, di mana semua warga negara Australia, penduduk tetap, dan sebagian besar pemegang visa Australia dijanjikan vaksinasi gratis.

Pemerintah Federal telah mengamankan perjanjian untuk penyediaan tiga vaksin virus corona dari Pfizer, Novavax, dan Oxford University-AstraZeneca.

Namun di antara ketiga vaksin itu, vaksin Pfizer diperkirakan akan menjadi yang paling sulit untuk didistribusikan.

Menteri Kesehatan Greg Hunt mengatakan, dia tidak punya ekspektasi jika vaksin bisa diluncurkan sebelum Maret, meskipun menurutnya prosesnya saat ini "lebih cepat dari jadwal".

"Tujuan utama kami adalah memastikan segala sesuatunya berada di jalur yang tepat untuk menjalankan distribusi yang aman dan efektif mulai bulan Maret," ujarnya.

"Kami selalu berusaha untuk tidak membuat janji-janji yang berlebihan dan lebih mengutamakan hasil yang melebihi harapan, tetapi Maret telah menjadi pedoman dan harapan nasional yang kami tetapkan (untuk distribusi vaksin)," katanya.

Baca juga: Trump Sebut Vaksin Covid-19 Sebagai Keajaiban Natal

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X