Trump Beri Ampunan Hukum 29 Orang Termasuk Charles Kushner, Ayah dari Menantunya Jared Kushner

Kompas.com - 24/12/2020, 10:33 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Donald Trump pada Rabu (23/12/2020) telah mengampuni dan mengurangi hukuman untuk 29 orang, termasuk Paul Manafort, Roger Stone, dan Charles Kushner, ayah dari menantunya, Jared Kushner.

Trump mengampuni mantan ketua kampanyenya Paul Manafort, yang dihukum sebagai bagian dari penyelidikan Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan AS 2016.

Melansir ABC News pada Rabu (23/12/2020), pengampunan Trump terhadap Manafort, mantan ketua kampanyenya, membuat ia tidak menjalani sebagian besar masa hukuman penjara 7,5 tahun.

Baca juga: Serangan Roket ke Kedutaan AS di Baghdad, Trump Ancam Iran

Manafort (70 tahun) adalah orang yang pertama di lingkaran dalam Trump untuk menghadapi tuduhan yang dibawa oleh penasihat khususnya, Robert Mueller.

Presiden Trump telah meringankan hukuman penjara Stone pada Juli, sehari sebelum dia dijadwalkan mulai menjalani hukuman penjara 3 tahun dan 4 bulan.

Baca juga: Trump Minta Kongres Ubah Paket Bantuan Covid-19 yang Mubazir

Stone dihukum pada November 2019 oleh hakim Washington karena berbohong di bawah sumpah kepada Kongres yang juga menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilu 2016.

Kushner, ayah dari menantu Trump, Jared Kushner, dijatuhi hukuman 2 tahun penjara setelah mengaku bersalah pada 2004 atas 18 tuduhan penggelapan pajak, merusak saksi, dan memberikan sumbangan kampanye yang melanggar hukum.

Baca juga: Serangan Siber Hantam AS Bertubi-tubi, Joe Biden Kecam Donald Trump

Dalam keadaan yang tidak biasa, pria yang menuntut Charles Kushner adalah Chris Christie, sekarang mantan Gubernur New Jersey, yang juga pernah menjabat sebagai penasihat Trump.

Christie yang dikutip oleh CNN mengatakan kasus Charles Kushner adalah "salah satu kejahatan yang paling menjijikkan" yang dituntutnya.

Tindakan tersebut menambah jumlah orang yang telah diberikan grasi oleh Trump menjadi 49, baik melalui pengampunan atau peringan hukuman, dalam 2 hari terakhir.

Baca juga: Joe Biden Puji Trump saat Terima Suntikan Vaksin Covid-19 Pertamanya

Kemarin, dia mengampuni 2 orang yang dihukum dalam penyelidikan penasihat khusus Robert Mueller, mantan anggota Kongres yang merupakan pendukung awal dan mantan kontraktor pemerintah, yang dihukum dalam pembunuhan warga sipil Irak.

Diperkirakan akan datang lebih banyak lagi grasi yang dikeluarkan Trump, seperti yang dilansir dari ABC News.

Baca juga: Sebelum Lengser, Trump Ingin Gedung Pemerintah Jadi Cantik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber ABCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.