Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Penumpang Menolong Pasien Covid-19 yang Pingsan di Pesawat

Kompas.com - 22/12/2020, 20:07 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

Sumber Daily Mail

NEW ORLEANS, KOMPAS.com - Video upaya penyelamatan petugas medis di atas pesawat United Airlines mendapat perhatian publik Amerika Serikat (AS).

Melansir Daily News pada Senin (21/12/2020), rekaman itu diambil oleh sejumlah penumpang yang panik di kabin penuh sesak. Mereka juga mengambil foto saat drama itu terjadi di hadapan mereka.

Terlihat upaya penyelamatan nyawa seorang pria yang jatuh pingsan dalam kabin pesawat. Usaha penyelamatan itu dilakukan oleh sesama penumpang United Airlines dalam penerbangan dari Orlando ke Los Angeles.

Menurut pengakuan penumpang lain, korban terlihat gemetar dan berkeringat serta kesulitan bernapas bahkan sebelum penerbangan lepas landas.

Tapi begitu United Flight 591 berada di angkasa, kondisinya memburuk dengan cepat. Kapten memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat agar pria tersebut mendapat perawatan medis.

Baca juga: Sakit dalam Pesawat, Penumpang United Airlines Meninggal karena Covid-19

Untungnya, ada tiga profesional terlatih CPR yang berada di dalam penerbangan tersebut. Tidak peduli dengan resiko tertular virus corona, tiga orang tersebut melakukan prosedur darurat penyelamatan nyawa.

Diketahui penumpang yang duduk di kursi 28D berhenti bernapas setelah pesawat mengudara lebih dari satu jam.

Para kru bertanya apakah ada dokter di dalam pesawat. Sejumlah orang yang memahami CPR beranjak untuk membantu dan bergegas menolong pria itu.

Rekaman yang diambil oleh sesama penumpang menunjukkan tiga orang bergiliran melakukan kompresi dada pada pria yang belum diidentifikasi itu.

Penumpang yang tidak sehat dibaringkan di lorong United Boeing 737-900 di hadapan para pelancong lain yang khawatir. Sementara tiga profesional terlatih melakukan CPR selama hampir satu jam sebelum pesawat akhirnya mendarat di New Orleans.

Penumpang lain yang duduk di kabin yang penuh sesak mengambil foto saat drama itu terjadi di hadapan mereka.

Baca juga: Ada Varian Baru Virus Corona, Hong Kong Larang Kedatangan Pesawat dari Inggris

Petugas medis dari pemadam kebakaran New Orleans diizinkan naik ke pesawat setelah pesawat mendarat dan terus berupaya menyelamatkan pria tersebut.

Sementara istrinya mengungkapkan bahwa suaminya telah menunjukkan gejala Covid-19 selama seminggu terakhir, seperti kehilangan indra perasa dan penciumannya.

Beberapa penumpang merinci bagaimana selama CPR, tulang pria itu terdengar seperti retak saat kompresi dada dilakukan sebelum dia mulai membiru.

Tony Aldapa adalah salah satu penumpang di pesawat yang tanpa pamrih membantu melakukan kompresi dada pada pria tersebut.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Daily Mail

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com