Dubes Tantowi Yahya Beberkan Resep Selandia Baru Sukses Tangani Covid-19

Kompas.com - 19/12/2020, 13:21 WIB
Dubes Tantowi Yahya bersama  bersama para Dubes dan Komisi Tinggi negara-negara Pasifik di Wellington. DOK KBRI WellingtonDubes Tantowi Yahya bersama bersama para Dubes dan Komisi Tinggi negara-negara Pasifik di Wellington.

WELLINGTON, KOMPAS.com - Tantowi Yahya, Duta Besar untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga mengungkapkan keberhasilan Selandia Baru dalam menangani pandemi Covid-19, yang dapat diadopsi Indonesia.

Tantowi memuji Selandia Baru yang telah secara efektif menangani pandemi Covid-19 hingga 0 kasus.

"Ada beberapa hal yang bisa juga kita tiru," kata Tantowi kepada Kompas.com pada Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: Kewalahan, Kota di Jerman Taruh Jenazah Korban Covid-19 Dalam Kontainer

"Penanganan Covid-19 bisa efektif apabila ada kerja sama pemerintah dengan masyarakat," lanjutnya.

Penanganan pandemi Covid-19 di Selandia Baru dilakukan oleh "Team of 5 Million", yang artinya setiap anggota masyarakat menjadi bagian dalam penanggulangan kasus.

Baca juga: Kanada Janji Bakal Membagi Kelebihan Vaksin Covid-19

Selain itu, di Selandia Baru komunikasi ke masyarakat berlangsung secara transparan, teratur dan dilakukan oleh orang yang sama, yaitu Perdana Menteri  Jacinda Ardern dan pihak Kementerian Kesehatan. 

"Dalam hal ini di Selandia Baru dilakukan oleh PM dan Dirjen Kesehatan. Ini berujung pada kepercayaan dan keyakinan masyarakat kepada pemerintah," ujar Tantowi.

Baca juga: Pemerintah AS Jadikan Moderna sebagai Vaksin Covid-19 Kedua Setelah Pfizer

"Tidak banyak yang pegang dan bicara di publik tentang Covid-19, sehingga ada kesamaan langkah dan kepastian peraturan," ungkapnya.

Sejauh ini, Selandia Baru yang memiliki hubungan harmonis dengan Indonsia, dikatakan Tantowi telah memberikan bantuan senilai 5 juta dollar Selandia Baru (Rp 50,4 miliar) guna mendukung Indonesia dalam upaya penanganan dan pemulihan Covid-19.

Baca juga: Terinfeksi Covid-19, Presiden Perancis Salahkan Kelalaian dan Nasib Buruk

Dukungan ini disalurkan melalui UNICEF Indonesia yang merupakan mitra Program Bantuan Selandia Baru sejak lama di Indonesia.

Selebihnya belum ada bantuan lanjutan yang akan diberikan.

Baca juga: Dalam Setengah Tahun Dokter Ini 2 Kali Positif Covid-19


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X