Serangan Hacker Bertubi-tubi, Pakar Keamanan di AS Kewalahan

Kompas.com - 19/12/2020, 06:21 WIB
Ilustrasi serangan siber. SHUTTERSTOCKIlustrasi serangan siber.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Sejumlah hacker alias peretas yang menyerang badan-badan milik pemerintah Amerika Serikat ( AS) juga melancarkan serangan siber kepada beberapa lembaga yang kurang terkenal.

Lembaga yang kurang terkenal tersebut seperti beberapa organisasi di Inggris, penyedia layanan internet di AS, dan pemerintah daerah di Negara Bagian Arizona.

Laporan terbaru tersebut muncul pada Jumat (18/12/2020) di tengah merebaknya serangan dunia maya di “Negeri Uncle Sam” sebagaimana dilansir dari Reuters.

Akibatnya, pakar keamanan jaringan dunia maya kini mengaku kewalahan dan tengah bekerja keras untuk membendung kerusakan yang disebabkan serangan siber tersebut.

Di sisi lain, pemerintahan Donald Trump di AS kurang terbuka memberikan informasi bagian mana saja yang telah berhasil dirusak oleh peretas.

Baca juga: Lembaga Nuklir AS Diserang Hacker, Pejabat: Serangan Terburuk dalam Sejarah Amerika

Di Inggris, sejumlah organisasi dilaporkan telah menjadi sasaran serangan siber.

Sementara itu, Reuters mengidentifikasi Cox Communications dan Pemerintah Pima County, Arizona, sebagai korban serangan siber terbaru.

Serangan tersebut dianalisis oleh dari para peneliti di perusahaan keamanan siber swasta, Kaspersky, yang berbasis di Moskwa, Rusia.

Para peretas tersebut membajak perangkat lunak manajemen jaringan melalui celah dari perangkat lunak milik SolarWinds.

Serangan siber yang menerjang sejumlah lembaga top pemerintah AS pertama kali diungkapkan oleh Reuters pada Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Setelah Kemenkeu dan Kemendag, Hacker Serang Kementerian Energi AS

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X