Ibu Positif Corona Lahirkan Bayi Kembar 4, Semua Negatif Covid-19

Kompas.com - 18/12/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi bayi kembar. SHUTTERSTOCKIlustrasi bayi kembar.

COLOMBO, KOMPAS.com - Dokter di Sri Lanka berhasil melakukan operasi darurat pada Kamis (17/12/2020), untuk menyelamatkan seorang pasien hamil yang positif Covid-19 dan melahirkan bayi kembar empat, semuanya negatif virus corona.

Hal tersebut disampaikan sebuah rumah sakit yang dikelola pemerintah Sri Lanka, sebagaimana dilansir dari kantor berita AFP.

Wanita berusia 25 tahun itu menjalani proses persalinan dengan operasi caesar untuk bayi prematur karena kondisinya memburuk, kata direktur di rumah sakit bersalin De Soysa, Sagarika Kiriwandeniya.

Baca juga: Sulit Bedakan Bayinya yang Kembar, Ibu Ini Bikin Tato di Salah Satunya

"Kami harus melahirkan bayi sebelum waktunya karena ibunya mengalami komplikasi," terang Kiriwandeniya kepada para wartawan di Colombo.

"Ibu dan keempat bayinya dalam kondisi stabil tetapi dalam perawatan intensif," lanjutnya dikutip dari AFP.

Rumah sakit mengerahkan tim yang terdiri dari 35 staf medis, termasuk 19 dokter untuk menjalankan proses persalinan pada wanita yang hamil 32 minggu itu.

Baca juga: Ibu di Singapura Lahirkan Bayi dengan Antibodi Covid-19

Tes rapid antigen menunjukkan bahwa bayi kembar empat - dua laki-laki dan dua perempuan - tidak mengidap Covid-19, ucap Kiriwandeniya.

Ia melanjutkan bahwa kelahiran ganda menambah tantangan baru, karena ibunya memiliki komplikasi terkait Covid-19.

Bayi-bayi itu berbobot 1,1-1,6 kilogram.

Kasus Covid-19 di Sri Lanka melonjak sejak Oktober, dengan peningkatan lebih dari 10 kali lipat menjadi total 35.387 dan 160 kematian.

Baca juga: Diperkosa Saat Lockdown, Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam di Rumahnya

Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X