Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Penampakan Hiu Banteng Muncul di Dekat Rumah Orang Setelah Banjir Bandang

Kompas.com - 18/12/2020, 19:43 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

BRISBANE, KOMPAS.com - Hiu banteng besar terlihat berkeliaran di balik pagar halaman belakang rumah seorang pria di Australia setelah dilanda banjir bandang.

Foto hiu di dekat halaman belakang rumah itu diambil di Queensland, telah viral dan dibagikan lebih dari 1.400 kali di Facebook dan menarik ratusan komen netizen.

Foto itu diunggah di platform media sosial dengan akun Timothee Morrison Dufour, seperti yang dilansir dari The Sun pada Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Sedang Mandi di Pantai, Seorang Wanita Tewas Diterkam Hiu

"Hari liar lainnya di Gold Coast," tulis Morrison di Facebook.

"Hiu banteng di dekat halaman belakang di Burleigh Waters," tambahnya.

Hiu itu diyakini telah menemukan jalan masuk ke kanal di Burleigh Waters melalui batas sungai yang meninggi setelah hujan lebat di wilayah itu, menurut laporan news.com.au.

Para ahli menganggap hiu banteng sebagai hiu paling berbahaya di dunia karena sifat agresifnya, menurut National Geographic.

Baca juga: Terluka Parah Digigit Hiu, Seorang Pria Masih Bisa Berenang dan Berjalan 300 Meter

Predator ini dapat tumbuh hingga 11,5 kaki (3,5 meter) dan sering ditemukan menjelajahi perairan dangkal untuk mencari mangsa.

Hiu banteng bergabung dengan sepupu mereka yang lebih terkenal, hiu putih besar, dan hiu macan, sebagai tiga spesies yang paling mungkin menyerang manusia.

“Bagaimana itu bisa sampai di sana? Jelas itu hiu,” salah satu komentar netizen.

"QLD (Queensland) Utara mendapatkan buaya, Gold Coast mendapatkan hiu banteng," tulis satu orang.

Baca juga: Saling Berhadapan di Perairan Australia, Hiu Banteng Kabur Lihat Buaya 4,8 Meter

“Pria kecil di Burleigh Heads ini menikmati kolam barunya,” komentar candaan salah satu netizen.

“Saya sedang memancing di dekat sana dengan cucu saya tahun lalu dan sesuatu yang besar mengambil umpannya dan mengeluarkan pancingnya. Jangan berpikir saya akan berenang di dekat sana dalam waktu dekat,” tulis pria lain.

Namun, beberapa netizen tidak sepenuhnya yakin itu hiu. Salah satu pria menilai itu tampak seperti "daun palem" yang mengambang di air.

Biro Meteorologi (BOM) di Queensland mengeluarkan peringatan badai petir yang parah untuk negara bagian tersebut kemarin, yang meliputi Gold Coast, Sunshine Coast, dan Scenic Rim.

Baca juga: Jumlah Hiu di Lepas Pantai California Selatan Capai Rekor Tertinggi

BOM memperkirakan badai dengan hujan lebat, yang dapat menyebabkan banjir bandang, bersama dengan periode hujan yang lebih intens di sore hari.

Burleigh Waters diliputi hujan dengan curah 104 mm dalam 24 jam terakhir.

Itu terjadi hanya beberapa hari setelah hiu putih besar setinggi 16 kaki (4,9 meter) ditangkap dan ditandai oleh para ahli kelautan.

Adegan dramatis difilmkan di lepas pantai Pantai Cottesloe di Perth, dengan perenang diperintahkan untuk segera keluar dari air.

Baca juga: Hiu Putih Raksasa Ditemukan Kanada, Dijuluki Ratu Samudra Saking Besarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com