Murdoch University Pertahankan Jurusan Bahasa Indonesia, La Trobe Masih Menggantung

Kompas.com - 18/12/2020, 14:03 WIB
Murdoch University di Perth, Australia. ABC IndonesiaMurdoch University di Perth, Australia.

KOMPAS.com - Murdoch University di Perth, Australia telah menarik kembali keputusan mereka untuk menutup program Bahasa Indonesia.

Sementara La Trobe University di Melbourne, Australia, baru akan mengeluarkan keputusan akhir mereka pada Januari 2021.

"Melihat bahwa Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran dengan manfaat yang penting dan strategis secara nasional, kami memutuskan untuk meneruskan pengajarannya di tahun 2021," bunyi pernyataan juru bicara Murdoch University tersebut kepada ABC Indonesia (17/12/2020).

Universitas tersebut juga menyebutkan bagaimana mata kuliah Bahasa Indonesia selama ini memiliki jumlah siswa yang sedikit selama sekian lama, sehingga pihaknya akan menciptakan sebuah model pengajaran yang berkelanjutan bagi peminatnya.

"Karena hal ini, kami akan berhubungan dengan stakeholders utama untuk berdiskusi tentang bagaimana mata kuliah Bahasa Indonesia dapat diposisikan dan didukung agar sukses jika akan tetap diadakan di Murdoch," bunyi pernyataan tersebut.

"Keberadaan jurusan tersebut akan diulas menjelang akhir tahun 2021," imbuh pernyataan itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mahasiswa Indonesia Rayakan Kebebasan Setelah Selesai Karantina di Australia

Dipertahankannya jurusan Bahasa Indonesia ini disambut oleh salah seorang pengajar senior di sana, Ian Wilson, dalam twitnya di Twitter pada Rabu (16/12/2020).

"Ada berita baik. Program Bahasa Indonesia akan tetap berlanjut di Murdoch University. Menanggapi banjirnya masukan, surat dukungan dan advokasi, manajemen senior universitas membatalkan keputusan untuk menutup program. Terima kasih untuk semua yang sudah memberikan dukungan," tulis Ian Wilson.

Sebelumnya, Murdoch University mengatakan telah mengambil keputusan yang sulit untuk menutup program Bahasa Indonesia pada 2021.

Program pengajaran Bahasa Indonesia di Murdoch University sudah dimulai sejak 1975.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X